Tanya Dokter

  • Keluar cairan seperti vagina saat hamil 40 minggu

  •  Gaby Hasan
    Anggota
    dok kenal kan saya gabby saya hamil 40 weeks kurang 2 hari saya sudah ke dokter sudah pembukaan 1 tp di suruh pulang lg tunggu sampe kluar lendir darah.... nah pagi ini saya merasakan ada yg keluar sperti air dari vagina cuma tidak bsa di tahan seperti saat saya mens dan air nya tidak berbau amis menurut dokter ini air apa ya saya agak takut karna anak pertama ?

    Gaby yang baik,

    saat kehamilan sudah hendak mencapai akhir periodenya, jelang persalinan biasanya ada tanda-tanda yang dialami oleh ibu. Salah satu yang paling khas ialah kontraksi yang disertai dengan merembesnya air ketuban. Namun karena seringnya ibu hamil mengalami rembesan seperti misalnya keputihan saat hamil, banyak yang tidak mengetahui apakah rembesan tersebut air ketuban atau bukan. Beberapa ciri air ketuban yang dapat dijadikan patokan meliputi :

    • tidak berwarna
    • tidak berbau atau memiliki bau jika terinfeksi
    • kadang bisa disertai dengan lendir

    Air ketuban dapat dengan mudah diperiksa menggunakan kertas lakmus. Kertas lakmus yang berubah warnanya menjadi kebiruan setelah terpapar cairan menunjukkan bahwa cairan tersebut adalah air ketuban. Pemeriksaan ini bisanya dilakukan oleh bidan ataupun dokter kandungan. Oleh karenanya jika Anda ragu, bawalah diri Anda segera ke dokter kandungan untuk observasi lebih lanjut. Berikut kami lampirkan artikel mengenai air ketuban. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief