Tanya Dokter

  • Telat menstruasi dalam sebulan disertai mual, muntah

  •  Aristya
    Anggota
    Hai dok,aku mau nanya nih,kan aku telat haid sudah sebulan,aku test pack hasilnya positif,,mual,muntah,pusing,ya kaya gitu tiap hari,, pas aku usg,katanya rahimnya kosong, apa ini yg namanya hamil palsu ya dok? Tapi kok positif hasil testpack nya.

    Hai Aristya,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu diperjelas sebelumnya, apakah benar dokter mengatakan bahwa rahim Anda kosong? Ataukah sudah terdapat kantung kehamilan namun janinnya yang masih kosong?

    Terlambat menstruasi, mual, muntah, dan pusing memang bisa menandakan adanya kehamilan. Di samping itu, berbagai keluhan ini bisa juga disebabkan oleh gastritis (radang mukosa lambung), GERD (refluks asam lambung ke esofagus), tukak lambung, migrain, tumor otak, infeksi virus atau bakteri, dan sebagainya.

    Apabila benar disebabkan oleh kehamilan, maka tentu kesemua keluhan ini akan ditunjang dengan hasil testpack yang positif dan juga hasil pemeriksaan USG yang meunjukkan tanda kehamilan, yakni bisa dengan tampaknya janin atau kantung kehamilan.

    Pada beberapa kondisi yang jarang, hasil pemeriksaan testpack bisa positif pada wanita yang tidak hamil (false positive). Penyebabnya bisa karena:

    • Urin yang terkontaminasi oleh bakteri
    • Prosedur testpack yang salah, misalnya mencelupkan alat testpack terlalu lama atau membaca hasil testpack terlalu lama
    • Efek samping konsumsi obat tertentu

    Maka dari itu, pemeriksaan USG diperlukan guna mengkonfirmasi hasil testpack tersebut. Pemeriksaan USG dinilai jauh lebih akurat mendeteksi kehamilan dibandingkan testpack.

    Apabila hasil USG belum menunjukkan tanda hamil, maka kemungkinan memang Anda tidak sedang hamil. Namun, berbeda jika pada pemeriksaan USG sudah tampak kantung kehamilan tapi belum tampak janin, mungkin saja hal ini terjadi karena waktu pemeriksaan terlalu dini. Jika demikian kondisi yang Anda alami, Anda bisa kembali memeriksakan Anda ke dokter spesialis kandungan 1 bulan lagi.

    Sementara itu, untuk membantu melancarkan menstruasi dan meredakan keluhan Anda saat ini, sebaiknya Anda jalani pola hidup yang sehat, mulai dari istirahat teratur, rajin berolahraga, makan yang sehat dan teratur, jangan terlalu lelah, serta hindari rokok dan alkohol.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah