Tanya Dokter

  • Pendarahan diluar siklus menstruasi

  •  Novi eka
    Anggota
    Hay dok.. Saya mau tanya? Saya keluar darah sedikit gak sampek 1 hari dok.. Dan sekarang cuman keluar segaris coklat aja dok . Itupun gak keluar tiap hari dok.. Itu kira2 kenapa dok? Padahal saya habis haid dapet 1 minggu lebih dok.. Terima kasih.

    Halo Novi.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dapat disebut sebagai pendarahan di luar siklus menstruasi, dimana hal ini dapat disebabkan oleh karena salah satunya adalah kehamilan, jika setelah menstruasi Anda pernah melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi apapun dan cairan mani masuk ke dalam vagina.

    Oleh karena itu apabila Anda nantinya mengalami keterlambatan menstruasi, segeralah melakukan tes kehamilan atau yang lebih dikenal dengan testpack. Jika hasilnya positif atau terdapatnya dua garis pada Alat tes, maka Anda kemungkinan besar hamil.

    Akan tetapi selain oleh karena kehamilan, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : stres psikologis, tubuh dalam kondisi kelelahan yang sangat, obesitas, sindrom ovarium polikistik, penurunan berat badan yang sangat ekstrim, kista ovarium, gangguan pada kelenjar tiroid, peradangan pada panggul, penyakit menular seksual, kekurangan gizi atau nutrisi, diabetes.

    Jika pendarahan di luar siklus menstruasi tetap saja terjadi sampai dengan tiga bulan ke depan, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, tes urin, tes hormon, tes fungsi tiroid, USG khusus obsgyn, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini sesuai dengan pertanyaan Anda :

    PENDARAHAN DI LUAR SIKLUS MENSTRUASI

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati