Tanya Dokter

  • Hasil testpack 2 garis samar disertai nyeri perut bagian bawah

  •  Mba Uyung
    Anggota
    selamat pagi dok , saya sdh mnikah 2 bln , ini saya telat dtg bln 4 hri ,td pgi saya tespek garisnya dua tp yg garis satunya aga samar ,apa bnar itu saya hamil dok? sebelum telat haid kalo pagi bngun tdur saya slalu mual dan pusing , perut bawah pun ikut nyeri .. apa gejala2 yg saya alami itu wajar dok

    Hai Mba Uyung,

    Pemeriksaan testpack seperti yang Anda lakukan dapat mendeteksi kehamilan secara sederhana melalui tes urine, di mana pemeriksaan ini memiliki akurasi hingga di atas 90% jika digunakan dengan benar.

    Pemeriksaan testpack dengan hasil 1 garis tegas dan 1 garis samar umumnya dapat diartikan sebagai hasil yang positif. Jika Anda telah melakukan pemeriksaan testpack dengan hasil garis samar maka Anda dapat mengulang tes 1 minggu kemudian untuk memastikan hasilnya. Gunakan urine pertama pada pagi hari, lakukan tes dengan benar sesuai petunjuk pemakaian, dan pastikan alat testpack yang digunakan tidak kadaluarsa. Namun apabila ada keraguan mengenai kondisi yang Anda maka alami ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan USG untuk memastikan ada/tidaknya kehamilan.

    Bila Anda mengalami kehamilan maka gejala-gejala yang Anda alami yaitu terlambat haid, mual, pusing dan kram perut dapat merupakan kondisi yang normal dialami dalam kehamilan. Namun demikian, gejala yang serupa dapat pula disebabkan oleh faktor yang lain, seperti masalah lambung, gangguan pencernaan, kelelahan, kurang istirahat, ataupun gangguan pada organ reproduksi. Konsultasikan dengan dokter jika keluhan terus berlanjut atau bertambah berat agar penyebabnya dapat dipastikan dan diberikan penanganan yang tepat sesuai kondisi dasarnya.

    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Tes awal kehamilan dengan testpack             
    Gejala awal kehamilan

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman