Tanya Dokter

  • Apakah janin saya memiliki kelainan?

  •  tresnanur
    Anggota

    Halo, Dok.. Sya sdg hamil memasuki bulan ke-5, tp BB sya hanya naik 2kg (semula 48kg). Saat ini sya bekerja di sebuah bimbel yg mengharuskan byk berdiri dan naik-turun tangga (kls ada di lt.2). Krn lokasinya cukup jauh, sya pun mengendarai motor sendiri (suami jg bekerja). Sebelum hamil yg ini, sya pernah keguguran di usia 11mggu.

    Sya pernah periksa ke bidan (saat sedang mudik), hasilnya sya dinilai kurang gizi krn lingkar lengan sya 23cm (standarnya 24cm, kta bidan). Sya jg mrsa perut sya ini tidak tralu mmbesar. Bahkan org2 mengira sya baru hamil 3 bln-an. :( Ditambah lgi, sya sering keputihan jika bepergian tralu lama. Apakah semua itu tidak normal, Dok?

    Saat sya check up ke dokter kandungan, sya menanyakan BB janin. Tapi beliau menjawab, masih kecil belum terdeteksi. Hal itu membuat sya kuatir, Dok. Apakah janin sya ini ada kelainan?

    Hai Untuk mengetahui berat badan ideal dapat menggunaan rumus BMI (Body Mass Index), dimana diperlukan data ukuran berat dan tinggi badan sebelum hamil. Kenaikan berat badan pada wanita selama hamil bervariasi, tergantung juga dari usia kehamilannya. Sebaiknya Anda tetap makan makanan bergizi dan juga multivitamin yang diberikan oleh bidan atau dokter Anda. Jika memang adanya riwayat keguguran, sebaiknya Anda mengurangi sedikit pekerjaan Anda jika dirasakan terlalu melelahkan. Pada saat USG biasanya dapat mendeteksi perkiraan berat badan janin saat ini, lalu disesuaikan dengan perkiraan usia kandungan melalui USG dan juga usia kandungan dari haid terakhir, sehingga dapat diketahui perkiraan apakah berat badan janin sesuai atau tidak dengan usia kandungannya dan juga dengan USG rutin diketahui perkembangan berat badan janin. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Keputihan dapat normal terjadi pada saat kehamilan akibat dari perubahan hormonal. Ciri-ciri dari keputihan yang normal antara lain:

    • Jumlahnya sedikit
    • Tidak kental
    • Jernih
    • Tidak berbau
    • Tidak gatal
    • Tidak nyeri.
    Jika tidak memenuhi kriteria diatas, kemungkinan keputihan merupakan akibat dari infeksi. Dengan adanya infeksi dapat mempengaruhi kondisi kehamilan. Untuk pastinya Anda dapat memeriksakan ke dokter.