Tanya Dokter

  • Penyebab menstruasi tidak teratur

  •  Nurhandany
    Anggota

    Selamat siang dok. Saya hany,saya mau tanya dok? -tanggal 16-04-2015 Saya berkonsultasi ke rumah sakit ternama .saya berkonsultasi dikarenakan saya telat haid 1 bulan.pada saat itu saya di usg dan hasilnya saya tidak hamil,sesudah itu saya di kasih obat LUTENYL,dan obat Q10 PLUS untuk suami saya. Keesokan harinya saya minum obat tersebut dan langsung haid . Pada bulan Mei saya harus kerumah sakit lagi,tapi saya tidak datang di karenakan saya sudah haid. Pada bulan APRIL,MEI,JUNI saya haid nya banyak sekali. Dan di bulan JULY sampai sekarang AGUSTUS akhir saya belum haid sudah telat hampir 2 bulan. Kenapa yaa dok ? akhir july saya tes hasilnya negatif Dan pertengahan agustus juga saya tes negatif juga . Ada solusinya ga dok kenapa ya ? tapi kemarin di celana dalam saya ada bercak darah sedikit . Dan saya pun ingin tes lagi akhir bulan ini dok. Mohon konfirmasinya ya dok. Terima kasih.

    Nurhandany  Nurhandany
    Anggota

    Up

    Hai Nurhandany, Menstruasi adalah hal normal yang haru sdialami setiap wanita. Pada umumnya menstruasi akan terjadi selama 3-7 hari dengan siklus 25-35 hari. Namun, pada keadaan tertentu bisa saja siklus dan lama menstruasi tidak terjadi secara normal. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan hormon, kelelahan, faktor stress, dll. Jenis menstruasi yang tidak normal adalah sebagai berikut:

    • Menorrhagia yaitu menstruasi dengan volume menstruasi yang sangat banyak
    • Metrorrhagia yaitu menstruasi dengan frekuensi yang sangat sering
    • Amenorrhea yaitu menstruasi yang berhenti seperti pada wanita hamil atau menopause
    • Dysmenorrhea yaitu menstruasi disertai dengan nyeri yang sangat hebat
    • Olygomenorrhea yaitu menstruasi dengan frekuensi yang jarang dan volume yang sedikit
    Untuk memastikan kleuhan yang anda alami sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter namun sebelumnya anda jugadapat melakukan tes kehamilan, namun jika hasilnya negatif anda dapat berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih detail seperti USg untuk memastikan keluhan yang anda alami. Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Menstruasi Mewaspadai menstruasi yang tidak normal Semoga membantu Dr. Yosephine