Tanya Dokter

  • telat menstruasi tetapi hasil testpack negatif

  •  ngeho_69
    Anggota
    Perkenalkan saya Andri Dok. Saya mau bertanya terkait kondisi pasangan saya. Kami berhubungan badan pada 8 Feb dari tanggal tersebut sampai sekarang pasangan saya belum juga haid padahal terakhir haid 12 Januari lalu. Selama periode 8 Feb sampai sekarang 17 Feb, pasangan saya menunjukkan tanda-tanda kehamilan (mual, payudara sensistif, penciuman sensitif, sering pipis di malam hari, dan juga belum haid). Tanggal 14 Feb kami melakukan test kehamilan menggunakan TP yg bisa bisa digunakan kapan saja (tidak harus pagi hari) dan hasilnya negatif. Kemarin tanggal 16 Feb pasangan saya mengalami pendarahan, awalnya dikira haid tapi kok cuma sedikit dan sekarang udah berhenti. Jadi sebenernya pasangan saya hamil ap tidak ya Dok? Dan langkah ap yg selanjutnya harus saya lakukan untuk memastikannya?

    Halo Sdr Ngeho, 

    Terima kasih atas pertanyaanya,

     

    Kehamilan terjadi saat adanya pembuahan sel telur oleh sel sperma. Sel sperma harus berada di dalam tubuh wanita dan harus bisa mencapai saluran telur (tuba fallopi) sang wanita. Semua hubungan intim dimana ada penetrasi penis pada liang Miss V akan ada kemungkinan hamil dan apabila saat wanita dalam masa subur, kemungkinan hamil semakin  besar.  Saat terjadi hubungan intim antara wanita dan pria akan mengeluarkan cairan putih bening sebagai respon tubuh adanya geseken. Saat terjadi ejakulasi cairan mani dari sang pria mengandung sel sperma ini. 

     

    Untuk memastikan adanya kehamilan atau tidak Anda perlu melakukan testpack, dimana memeriksanakan kadar hormon B-HcG di dalam urine wanita, yaiu hormon tubuh yang meningkat pertama kali saat terjadi kehamilan. Hormon ini akan meningkat sekitar 2  minggu setelah terjadinya pembuahan.  Jika pada pemeriksaan tespack pertama kali belum ada hasil negatif, disarankan untuk mengulang kembali pemeriksaan tespack tersebut 7 hari setelahnya. Atau dengan lebih baik memeriksakan diri ke dokter.

     

    Adapun tanda kehamilanyang muncul secara umum:

    1.    Mual bahkan muntah. Kondisi ini biasnanya muncul di pagi hari, sehingga sering disebut sebagai morning sickness.

    2.   Frekuensi buang air kecil yang semakin sering

    3.   Perubahan ukuran payudara yang semakin membesar

    4.   Perubahan mood atau emosi yang tiba-tiba

    5.    Merasa cepat lelah

    6.   Pusing dan sakit kepala.

    7. Beberapa wanita merasakan adanya flek yang muncul akibat adanya perubahan hormonal.

     

    Semua kondisi di atas dapat dirasakan di awal-awal kehamilan. Namun, keluhan-keluhan tersebut belum tentu pasti kehamilan. Dapat juga disebabkan oleh kondisi medis lainnya. Dan juga tidak sedikit wanita hamil yang sama sekali tidak merasakan tanda-tanda kehamilan tersebut sampai didapatkan hasil pemeriksaan yang positif.

    Untuk memastikan kondisi pasangan Anda saat ini, sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter agar dapat berkonsultasi langsung dan dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

     

    Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Tiwi