Tanya Dokter

  • Tidak mendapat haid selama 2 bulan disertai nyeri pinggang

  •  Walna
    Anggota

    Siang dok, saya mau tanya.. Saya dua bulan setengah tidak haid (biasanya haid saya lancar setiap bulannya walau periodenya tidak teratur), saya juga merasakan nyeri pinggang, kram perut, sering buang air kecil, pusing dan sering kelaparan, mengantuk serta cepat lelah (hal ini tidak pernah saya alami sebelumnya). Kemarin sore saya periksa ke dokter kandungan dan dilakukan USG. Hasilnya pada rahim ada sesuatu yang besar tampak seperti bulatan tebal.

    Dokter kemudian memberikan saya resep folaplus 1x1, hexavask 2x1, omberzol 2x1, dan norestil 1x2. Pertanyaan saya sebenarnya saya sakit apa dok?

    Hallo Walna

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Jadi memang harusnya anda mengalami proses menstruasi secara normal setiap bulannya, dimana terjadi antara 28-35 hari sekali. Pola menstruasi bisa terganggu dan menjadi tidak teratur bahkan anda mungkin tidak haid jika terjadi suatu gangguan baik hormonal ataupun secra fisik pada organ reproduksi anda. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan gangguan menstruasi dimana yang paling umum terjadi adalah akibat penggunaan alat kontrasepsi terutama kontrasepsi pil/suntik yang dapat mengubah keseimbangan hormonal tubuh wanita. Penyebab lainnya dari menstruasi tidak teratur adalah penurunan berat badan atau kenaikan berat badan yang besar; stress yang berlebihan; penyakit pada indung telur dan rahim (sindroma ovarium polikistik); penyakit sistemik seperti diabetes ataupun penyakit pada kelenjar tiroid. Bulatan tebal yang anda jelaskan berdasarkan hasil USG, masih kurang spesifik menurut saya, karena saya tidak melihat secara langsung gambaran USG tersebut, sehingga cukup sulit untuk menginterpretasikan gambaran USG yang anda maksud.

    Gambaran bulatan tebal yang anda jelaskan bisa saja berupa benjolan atau tumor pada rahim anda, misalnya akibat mioma uteri. Mioma adalah pertumbuhan sel tumor di dalam atau di sekitar uterus (rahim) yang tidak bersifat ganas. Nama lain dari mioma adalah uteri fibroid, atau leiomioma. Mioma berasal dari sel otot rahim yang mulai tumbuh secara abnormal, dimana pertumbuhan inilah yang akhirnya membentuk tumor jinak. Pada wanita yang memiliki mioma ini biasanya akan mengeluhkan nyeri yang sangat hebat pada saat mesntruasi, dikarenakan hormon pada saat menstruasi merangsang kontraksi sel otot rahim yang tumbuh secara berlebihan ini. Jika ukuran mioma terlalu besar, akan muncul gejala penekanan pada organ sekitar, seperti pada saluran kemih atau saluran percernaan, pendertia mungkin akan mengalami kesulitan buang air kecil atau kesulitan buang air besar (konstipasi). Tapi bisa juga bulatan tebal yang anda lihat ini dikarenakan adanya kantung kehamilan pada rahim anda. Karena jika anda aktif secara seksual maka kemungkinan besar anda bisa saja hamil. Anda harus paham mengenai tanda dan gejala kehamilan, dimana pada awal kehamilan bisa saja anda merasa nyeri perut bagian bawah atau kram perut. Tetapi memang tanda pasti kehamilan adalah  pergerakan janin dan denyut jantung janin yang dilihat melalui USG yang dapat diketahui pada usia kehamilan diatas 5 minggu. Selain itu ditemukannya gambaran tulang bayi melalui USG juga merupakan tanda pasti kehamilan. Selain itu bisa juga dilakukan uji kehamilan atau test pack sebaiknya dilakukan mulai 1 minggu setelah terlambat haid atau bisa lebih cepat tergantung dari sensitivitas alat yang uji kehamilan yang dipergunakan.

    Untuk lebih jelasnya memang harus dilakukan evaluasi lebih lanjut oleh dokter kandungan dengan pemeriksaan fisik dan penunjang yang sesuai.

    Semoga jawaban ini dapat membantu anda

     

    dr. Aldy Valentino