Tanya Dokter

  • Hamil 16 minggu namun ketika di USG rahim kosong

  •  Melani
    Anggota
    Pagi dok, saya mau tanya saya hamil 16 minggu setelah di periksa menggunakan alat deteksi jantung sudah terdengar detak jantung janin tapi ketika di usg rahim kosong , apa yg saya alami ini ya dok

    Dear Melani,

    USG merupakan salah satu jenis pemeriksaan penunjang yang menggunakaan gelombang suara untuk menghasilkan suatu gambar. Umumnya, janin bisa terlihat ketika usia kehamilan memasuki usia 6 minggu. Namun jika menggunakan USG abdominal, seringkali janin baru terlihat di usia 8-12 minggu.

    Untuk pemeriksaan denyut jantung janin sendiri, apabila dilakukan pemeriksaan dengan doppler, maka umumnya alat ini baru dapat mendeteksi denyut jantung pada usia kandungan diatas 20 minggu. Sementara apabila usia kandungan belum mencapai 20 minggu, maka untuk deteksi denyut jantung janin sendiri dapat dilakukan dengan pemeriksaan USG.

    Saran yang dapat kami berikan, baiknya lakukan pemeriksaan ulang sekitar 2 minggu dari pemeriksaan usg terakhir agar dapat dilakukan evaluasi mengenai kondisi yang Anda alami, selain itu Anda juga bisa mencari endapt kedua dari dokter kandungan yang berbeda untuk dijadikan bahan pertimbangan.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra