Tanya Dokter

  • Apakah saya hamil?

  • dok biasa nya siklus haid sy 28 hari menjelang haid payudara sy suka aga sakit dan klu haid pertama perut bagian bawah sy slalu sakit tapi hari ke 2-7 udah ga sakit. bulan oktober sy haid tgl 7 di bulan november tgl 31 sy keluar flek coklat sampai tgl 3 november masih keluar flek coklat pekat tapi tidak disertai sakit perut bawah. pertanyaan nya apakah ini berarti sy haid dgn siklus yg maju 1 minggu atou kah ini penempelan janin di rahim sy. riwayat siklus selalu tepat 28 atou 30 hari belum pernah maju sebanyak ini dok mohon jawaban nya

    Selamat pagi,

    Kehamilan adalah proses alami yang dapat terjadi ketika terjadi proses pembuahan sel telur matang oleh sperma sehat pada saat ovulasi (saat sel telur matang dilepaskan dari indung telur ke dalam rahim sehingga siap untuk dibuahi).

    Pada wanita dengan siklus menstruasi yang teratur, biasanya ovulasi terjadi kurang lebih 14 hari sebelum tanggal menstruasi selanjutnya, dan masa subur berkisar antara 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah ovulasi karena sel sperma dapat bertahan kurang lebih 2 hari di dalam rahim, dan sel telur jika tidak dibuahi hanya dapat bertahan 24-48 jam sebelum akhirnya mati.

    Jika Anda berhubungan badan dengan mengeluarkan sperma di dalam rahim pada saat masa subur atau perkiraan ovulasi, maka kemungkinan untuk terjadi kehamilan cukup tinggi. Penempelan pada dinding rahim sendiri tidak selalu disertai darah implantasi (keluar darah) namun hal tersebut dapat terjadi. Jika melihat time frame yang Anda berikan, maka masih ada kemungkinan flek yang terjadi adalah perdarahan implantasi.

    Saran Saya agar Anda dapat melakukan pemeriksaan test pack untuk memastikan kehamilan Anda, dan apapun hasil nya sangat disaran kan agar dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan sehingga keadaan Anda dapat diperiksa secara lebih lanjut dan jika diperlukan dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG sehingga kandungan Anda dapat dievaluasi secara lebih mendalam.

    Test pack sendiri merupakan alat pendeteksi kehamilan yang cukup akurat jika dilakukan pada waktu dan cara yang tepat. test ini mendeteksi hormon kehamilan pada urin/kencing. Test pack ini dapat mendeteksi kehamilan paling cepat 1 minggu setelah terjadi pembuahan (pada saat penempelan ke dinding rahim) atau kurang lebih 1 minggu sebelum tanggal menstruasi berikutnya. Namun pada beberapa wanita hamil, test pack ini paling lama dapat menunjukkan hasil positif adalah pada waktu usia kehamilan 6 minggu atau kurang lebih 2 minggu setelah tanggal menstruasi selanjutnya (telat 2 minggu)

    Sekian informasi dari Saya,semoga bermanfaat

    dr.Anthony