Tanya Dokter

  • Menghitung usia kehamilan

  •  yuwan efendi
    Anggota
    malam dok, saya wanita umur 24tahun mau tanya nih kira2 saya hamil berapa minggu ya ? Saya nikah tgl 10 sept haid tgl 17-24 sept, terus saya flek tgl 20-22 okt, di akhir okt d TP masih negatif.... nah bulan ini nov d test pack tgl 10 positif dok... Mohon pencerahannya dok, makasih...

    Halo yuwan efendi, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Menentukan usia kehamilan dapat dilakukan dengan beberapa cara:

    • Cara pertama adalah dengan menghitung menggunakan hari pertama haid terakhir (HPHT). Untuk menentukan usia kehamilan dari HPHT, perlu dihitung dulu hari perkiraan lahir (HPL), baru setelahnya dilakukan hitung mundur untuk menentukan usia kehamilan. Menghitung HPL dengan menggunakan HPHT dapat dilakukan apabila seorang wanita mengetahui dengan pasti tanggal HPHT nya serta memiliki jarak siklus menstruasi yang teratur. Biasanya perkiraan usia kehamilan dan perkiraan persalinan dengan cara ini mengasumsikan bahwa jarak siklus menstruasi adalah 28 hari. Bila jarak siklus kurang atau lebih dari 28 hari, diperlukan penyesuaian lagi untuk menentukannya. 

    Bila dihitung menggunakan hari pertama haid terakhir (HPHT) anda, dengan mengasumsikan bahwa jarak antara siklus menstruasi anda biasanya adalah 28 hari, maka usia kehamilan anda saat ini kira-kira 8 minggu. 

    • Cara kedua adalah dengan menghitung dari hari konsepsi. Bila anda mengetahui kapan persisnya masa subur anda dan hari anda berhubungan tanpa proteksi, anda dapat memperkirakan HPL anda. Perkiraan ini dilakukan dengan menambah 38 minggu ke hari konsepsi, lalu kemudian dilakukan hitung mundur untuk menentukan usia kehamilan. Sama dengan cara menghitung dengan HPHT, cara ini sulit dilakukan bila jarak siklus menstruasi seorang wanita tidak sama setiap bulannya.
    • Cara ketiga adalah dengan pengukuran tinggi fundus pada kehamilan yang sudah besar. Pengukuran tinggi fundus dapat digunakan untuk memperkirakan usia kehamilan. Pengukuran tinggi fundus ini juga bukan cara yang akurat karena dipengaruhi oleh banyak faktor seperti kadar lemak perut ibu hamil, orang yang melakukan pengukuran, posisi, dan lain-lain
    • Cara paling akurat adalah dengan melakukan USG trimester pertama. USG trimester pertama adalah cara yang paling akurat untuk menentukan usia kehamilan. Dari USG trimester pertama ini juga dapat dihitung HPL yang paling akurat. Namun perlu diingat bahwa USG merupakan salah satu pemeriksaan yang sangat tergantung pada alat dan operator (orang yang melakukan USG). Penggunaan alat yang berbeda atau pemeriksaan oleh operator yang berbeda dapat memberikan hasil yang berbeda pula. 

     

    Sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke bidan atau dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan antenatal secara rutin. Dokter kandungan dapat melakukan USG kehamilan untuk melihat lokasi janin, denyut jantung janin, serta menentukan usia kehamilan dan HPL anda. Dokter dan bidan juga akan meresepkan vitamin kehamilan untuk anda minum secara rutin untuk nutrisi yang anda dan janin anda butuhkan dapat terpenuhi.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia