Tanya Dokter

  • Hamil dengan endometriosis

  • Siang dok, saya ika 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil 6 minggu, tp ada endometriosis kanan +-7 cm.. apakah bisa lahiran normal tanpa sc dok? Apakah periksa rutin kehamilan bisa di bidan saja? Terima kasih

    Halo Ika......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika yang Anda maksud dengan endometriosis adalah kista ovarium, maka kista sendiri merupakan kantong yang berisi cairan, dimana kista ovarium tumbuh didalam ovarium atau indung telur wanita.

    Apabila ukuran kista kecil, pada umumnya tidak akan mengganggu kehamilan. Akan tetapi jika kista berukuran besar, dan kerap menimbulkan keluhan seperti nyeri yang hebat atau perdarahan abnormal dari vagina maka harus dilakukan serangkaian pemeriksaan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan..

    Kista yang besar dikhawatirkan akan menyebabkan penekanan pada janin yang sedang berkembang di dalam rahim. Atau, mungkin juga kista yang besar akan mengalami pecah dan menyebabkan ibu merasakan nyeri perut hebat, pendarahan, infeksi, atau bahkan syok, sehingga akhirnya kista ovarium harus diangkat melalui metode operasi.

    Kami menyarankan kepada Anda untuk menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah ini, agar segala sesuatu nya terang dan jelas, dan akhirnya Anda dapat diberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati