Tanya Dokter

  • Penjelasan hasil tes TORCH saat hamil

  •  Sharlynn
    Anggota
    Selamat pagi dokter, saat ini Saya sedang hamil 20 minggu. Pada saat hamil 15 minggu say melakukan tes torch dengan hasil : 1. Igg toksoplasma : reaktif 485.4 2. Igm toksoplasma : non reaktif 0.268 3. Igm rubella : non reaktif 0.201 4. Igg cmv : reaktif 450.1 5. Igm cmv : negatif 0.03 Dengan hasil tersebut dokter menyarankan melakukan cek adivity cmv Dan tokso. Yang mau Saya tanyakan bila adivity Saya rendah seberapa besar dampaknya bagi janin saya? Kalau adivity Saya tinggi apa dampakny bagi janin saya? Apa dengan obat janin Saya tidak akan apa2? Terimakasih sebelumnya Buat jawaban dari dokter

    Halo Sharlynn,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Secara umum, IgM dan IgG adalah antibodi/ kekebalan yang terbentuk dalam tubuh ketika terjadi infeksi. IgM akan terbentuk saat penderita mengalami infeksi; hasil yang reaktif atau positif menandakan bahwa penderitanya aktif mengalami infeksi tersebut sedangkan hasil non rekatif atau negatif menandakan sebaliknya. Hasil IgM saja tidak dapat diinterprestasikan secara individu. Di sisi lain, IgG adalah antibodi/ kekebalan yang terbentuk jika seseorang pernah terinfeksi pada suatu waktu dalam hidup atau jika pernah menerima vaksin. Hasil reaktif menunjukkan bahwa di dalam tubuh Anda sudah terbentuk antibodi/ kekebalan. Namun, hasil IgG saja tidak dapat mengetahui apakah antibodi ini didapat dari infeksi masa lalu atau infeksi yang baru saja terjadi. Pemeriksaan aviditas IgG digunakan untuk mengetahui apakah antibodi ini terbentuk akibat infeksi masa lalu atau infeksi yang baru saja terjadi. Bila hasil aviditas IgG tinggi, hal ini menandakan bahwa infeksi sudah terjadi di masa lalu dan saat ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan kehamilan Anda. Sebaliknya, jika hasil aviditas IgG rendah, hal ini menunjukkan bahwa infeksi terjadi baru-baru saja dan mungkin berdampak pada kehamilan Anda. Tetapi ada juga orang yang memiliki aviditas rendah walaupun infeksi sudah terjadi di masa lalu. Karenanya, hasil pemeriksaan tersebut harus diinterprestasikan secara hati-hati dan masing-masing hasil pemeriksaan tersebut tidak dapat berdiri sendiri. Silakan Anda konsultasikan hasil pemeriksaan nantinya ke dokter spesialis kandungan Anda.

    Kedua infeksi ini dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan janin Anda, karenanya walaupun nantinya Anda menerima pengobatan, dokter tetap perlu memonitor kondisi janin Anda secara berkala.

    Silakan Anda baca artikel berikut:

    Hasil laboratorium Toxoplasma

    Hasil laboratorium CMV

    Semoga membantu.

    dr. Aloisia