Tanya Dokter

  • Hamil tapi masih menyusui anak

  • Malam dokter .. Sekarang saya lagi hamil 3 bukan tapi saya punya anak pertama juga yg umur.a masih 11 bulan dan masih menyusui .. Bagus atau ga si dok kalo lagi hamil tapi masih menyusui anak ?? Terimakasih dok

    Hai Ikmalia,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Jarak antar kehamilan yang optimal adalah antara 2 hingga 5 tahun. Tidak hanya memudahkan orang tua dalam pengurusan anak, perencanaan jarak antar kehamilan ini juga berguna dalam membantu menjaga anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara normal sebagaimana mestinya karena perhatian orang tua yang tidak terpecah belah.

    Saat hamil maupun menyusui, ibu memerlukan asupan kalori tambahan untuk menyokong pertumbuhan janin yang dikandungnya, serta menjaga kualitas ASI yang disusuinya.

    Menyusui saat sedang hamil sesungguhnya bukan merupakan suatu kondisi yang dilarang. Selama kondisi janin yang Anda kandung baik (beratnya sesuai dengan prakiraan usia kehamilan), maka tidak masalah bagi Anda untuk tetap menyusui bayi Anda.

    Namun, beberapa literatur mengatakan bahwa produksi hormon oksitosin yang meningkat saat menyusui bisa merangsang terjadinya kontraksi yang dapat berujung pada keguguran saat kehamilan masih berusia muda. Selain itu, asupan nutrisi yang terbagi antara hamil dan menyusui dikhawatirkan bisa juga menyebabkan hambatan pada pertumbuhan janin. Pada kondisi ini, menyapih anak yang sedang disusui dinilai jauh lebih baik. Terlebih, jika anak sudah mulai mengkonsumsi MP-ASI (makanan pendamping ASI), artinya sumber nutrisi utamanya tidak lagi berasal dari ASI, melainkan makanan pendampingnya.

    Akan tetapi, penentuan langkah ini sebaiknya didiskusikan secara langsung dengan dokter spesialis anak dan dokter spesialis kandungan Anda. Karena, beliau tentu lebih mengetahui kondisi Anda, bayi Anda, serta janin yang sedang Anda kandung.

    Sementara itu, untuk menjaga asupan nutrisi saat hamil dan menyusui, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanah secara teratur dengan porsi sedang dan sering. Perbanyak minum. Cukup istirahat. Hindari stres, rokok, dan alkohol.

     

    Artikel berikut mungkin bermanfaat bagi Anda:

    Is it safe to continue breast feeding if i'am pregnant with another child?

     

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah