Tanya Dokter

  • Pengaruh penyakit tiroid terhadap janin dalam kandungan

  •  mustari
    Anggota
    Selamat siang dok saya mustari istri saya sedang hamil 15 minggu.tapi masih minum obat thyroid.apakah berpengaruh ke janinnya? Di samping itu tekanan darah istri saya tinggi 140/80.padahal sudah di cek ke lab.protein,hepatitis dan kolestrol.tapi hasilnya negatif.mnta tolong minta petunjuk terima kasih

    Salam,

    Pada pasien dengan kehamilan yang disertai dengan gangguan tiroid baik itu berupa hipertiroid ataupun hipotiroid, maka selama kehamilan, perlu dilakukan kontrol gangguan tiroid sampai nilai tiroid normal.

    Penyesuaian nilai hormon tiroid diperlukan untuk membantu tumbuh kembang janin tetap terjaga dengan baik, serta menghindari resiko komplikasi lebih jauh, seperti tekanan darah tinggi pada hipertiroid ataupun gangguan kecerdasan bayi baru lahir akibat hipotiroid.

    Dengan tensi yang normal tiggi tersebut, dan pasien dalam masa kehamilan, kemungkinan hipertiroid yang sering dialami oleh wanita hamil. Namun, hal ini perlu dipastikan oleh dokter kandungan Anda untuk penanganan yang sesuai dengan hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Bila sampai saat ini istri Anda masih mengkonsumsi obat tiroid, hal ini merupakan kondisi yang wajar. Setelah dokter memastikan gangguan tiroid pada istri Anda, maka pengobatan akan dilakukan untuk mencapai kondisi hormon tiroid yang optimal selama kehamilan. Oleh karena itu target pengobatan yang diberikan adalah untuk mencapai kontrol hormon tiroid yang optimal dan mencegah komplikasi kehamilan dan komplikasi pada janin.

    Yang perlu Anda lakukan adalah menyarankan istri Anda kontrol secara rutin dan mendukung istri Anda untuk tetap menjaga kondisi fisiknya selama kehamilan dan menyusui untuk mencapai kesehatan yang baik bagi ibu dan anak.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga gangguan tiroid selama kehamilan.

    dr. Ulfi