Tanya Dokter

  • Kondisi janin pada kehamilan memasuki trimester tiga

  • Siang dok,

    Mau tanya, apa benar jika kehamilan sudah masuk 8 bulan kondisi baby akan menjadi "muda" lagi seperti halnya trimester pertama, maksudnya menjadi ringkih lagi ?

    Selfie Pusparini Salam  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Selfie Pusparini Salam,

     

    Pada kehamilan, usia kehamilan umumnya terbagi menjadi 3 fase yaitu trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga. Pada trimester pertama, terjadi pembentukan bakal janin dari sel sperma dan sel telur, selain itu pada trimester pertama juga terjadi pertumbuhan dan perkembangan dari organ-organ di dalam tubuh sehingga fase ini merupakan salah satu fase penting dalam perkembangan dan pertumbuhan janin. Selain itu, pada trimester pertama (sebelum memasuki usia kandungan 20 minggu) terdapat ancaman untuk terjadinya abortus.

     

    Setelah melewati trimester pertama, umumnya janin di dalam kandungan lebih kuat namun pada trimester kedua dan ketiga tetap harus dijaga kebutuhan nutrisi dari ibu, terutama pada trimester ketiga karena janin di dalam kandungan mengalami pertambahan berat badan secara cepat serta pematangan organ-organ yang diperlukan untuk hidup seperti paru-paru sehingga memasuki waktu persalinan, semua organ dapat berfungsi dengan baik. 

     

    Umumnya pada usia kandungan memasuki trimester ketiga, risiko-risiko pada janin menjadi lebih kecil dan keadaan janin tidak serapuh pada saat trimester pertama sehingga ibu dapat lebih tenang. Disarankan kepada ibu untuk tetap melakukan kontrol ke bidan atau dokter spesialis kandungan untuk melakukan pemantauan pada kondisi kehamilan dan janin di dalam kandungan.

     

    Selain itu, ibu juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang guna perkembangan janin dan pertambahan berat badan pada janin terutama menjelang waktu persalinan. Ibu juga disarankan untuk melakukan senam khusus kehamilan terutama senam kegel untuk melatih otot-otot panggul menjelang persalinan. 

     

    Berikut artikel tentang memasuki usia kehamilan 8 bulan yang dapat disimak.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi