Tanya Dokter

  • Risiko hamil setelah operasi tb usus

  • Siang dokter .. Saya ingin bertanya .. Saya prilla 21 tahun . 6 bulan yg lalu terkena penyakit tb usus . N skrng sudah mulai pulih n sudah selesai berobat jalan 6 bulan dok .. Lalu skrng saya positif hamil dok .. Bagaimana dok apakah tidak beresiko ?? Karena posisi jahitan operasi saya lurus dari pusar sampai ke bawah dok. Jika perut saya membesar apakah akan berakibat pada saya n bayi saya dok .. Jahitan operasi saya masih berbentuk daging hitam yg keras dok . Apakah akan berpengaruh dok .. Tolong saya dok .. Jawaban n solusi dr dokter sangat saya butuhkan .. Terima kasih ..

    Prilla Nalurita  Prilla Nalurita
    Anggota

    Dok tolong dibantu jawab ya dok .. Saya khawatir sekali dok .. Apakah bayi saya harus diambil dok karena terlalu beresiko untuk hamil . N apa saja resiko efek nya dok

    Hai,   Jika Anda dalam kondisi sehat dan tidak sedang dalam terapi pengobatan TB / penyakit lain yang membutuhkan pengobatan secara intensif maka kehamilan Anda bisa dipertahankan. Namun untuk penjelasan dan informasi yang lebih sesuai dengan kondisi Anda maka sangat disarankan untuk mengkonsultasikan permasalahan Anda ke dokter spesialis kandungan (spOG) terdekat. Dokter akan menilai kondisi kesehatan rahim dan janin Anda melalui pemeriksaan fisik, tes darah dan USG dan menilai apakah kehamilan Anda bisa dilanjutkan. Luka sayatan akibat operasi laparotomi jika dirawat secara baik dan tidak timbul komplikasi maka akan sembuh 100% dalam jangka waktu 6 minggu. Pada operasi laparotomi, sayatan dibuat  memanjang (+/- 7-8 cm) sampai menembus peritoneum (lapisan pembungkus perut) sehingga luka bekas sayatan ini akan sembuh lebih lama dibandingkan metode laparoskopi dimana sayatan lebih kecil (+/- 1 cm). Beberapa ahli memang menyarankan sebaiknya melakukan program hamil setidaknya 1 tahun setelah operasi laparotomi. Namun secara medis luka sayatan operasi akan pulih 100% dalam jangka waktu 6 minggu - 3 bulan tergantung dari kondisi masing masing individu. Jika operasi telah dilakukan 6 bulan yang lalu dan sembuh tanpa ada komplikasi maka berdasarkan proses penyembuhan luka seharusnya luka sayatan laparotomi Anda sudah cukup kuat untuk menahan pembesaran perut akibat kehamilan. Beberapa poin yang bisa Anda lakukan adalah :

    1. Konsultasikan kehamilan Anda dengan dokter spesialis kandungan agar Anda tidak khawatir berlebih.
    2. Jaga kesehatan dengan baik dan pastikan asupan nutrisi bayi Anda tercukupi.
    3. Jaga berat badan agar tidak naik terlalu banyak yang bisa menyebabkan perut terlalu membesar dengan cepat.
    4. Olahraga (aktivitas ) ringan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh.
    Mengenai permasalahan hamil yang beresiko maka pemeriksaan secara mendalam dan seksama perlu dilakukan. Tidak semua kehamilan yang terjadi paska operasi memerlukan terminasi kehamilan. Dokter akan menilai secara seksama kondisi ibu dan bayi agar keduanya bisa selamat.   Semoga membantu.   dr. Yusi      

    Prilla Nalurita  Prilla Nalurita
    Anggota

    Oo begitu ya dok .. Jawaban dokter membantu sekali untuk saya .. Terima kasih dok .. Tp sebelum nya saya mau bertanya dok .. Bagaimana jika operasi saya ini KELOID dok ?? .. Setelah saya telusuri juga ternyata bekas operasi saya menjadi KELOID .. Apakah ada obat nya dok untuk mengobati Keloid .. Khususnya untuk ibu hamil seperti sya dok ??