Tanya Dokter

  • Apakah saya hamil?

  •  cahyani
    Anggota

    Dok, saya terakhir berhubungan bulan februari. Kemudian bulan maret saya haid. Bulan april saya tidak haid. Apa mungkin hamil?

    Hai,   Jika Anda tidak berhubungan intim kembali sehabis  menstruasi pada bulan maret maka kemungkinan Anda tidak hamil. Kehamilan bisa terjadi akibat pertemuan sel telur pada saat masa subur terjadi yang dibuahi oleh sel sperma. Baca bahasan proses pembuahan. Adapun kemungkinan Anda tidak mengalami haid pada bulan ini bisa dikarenakan :

    1. Stress
    2. Penggunaan KB
    3. Penurunan Berat badan yang ekstrem
    4. Olahraga berlebihan
    5. Gangguan hormonal
    6. gangguan di hipofisis = prolaktinoma dll
    7. Kehamilan (jika Anda aktif secara seksual)
    8. dll.
    Baca topik Menstruasi. Untuk mengetahui latar belakang keluhan Anda maka segera periksakan diri Anda ke dokter kandungan. Dokter akan memeriksa kondisi Anda dan melakukan tes medis seperti tes darah, tes urine dan USG jika perlu. Untuk mengetahui apakah Anda hamil / tidak , Anda dapat melakukan test sederhana sendiri di rumah dengan menggunakan tespack yang bisa Anda beli di apotik. Tanda 2 garis berarti Anda hamil. Olahraga teratur, kelola stress dengan baik dan istirahat cukup serta makan seimbang bisa membantu memperlancar siklus menstruasi Anda. Semoga membantu.   dr. Yusi