Tanya Dokter

  • hampir setiap hari mengalami keputihan berganti-ganti tipe

  • Dok. Saya masih berumur 17. Tapi knp ya udah 2 taunan ini saya selalu keputihan dan hampir setiap hari.. setiap bulannya selalu berbeda. Kdg lendir bening tdk berbau. Kdg lendir seperti susu dan amat sangat bau.kadang juga lendir coklat dan bau amis. Cara pengobatannya bagaimana dok. Saya takut terkena penyakit serius. Karna saya blom menikah dan masih? Remaja..

    Hai, Keputihan merupakan keluhan yang sangat sering dialami oleh wanita. Keputihan dapat bersifat normal maupun tidak normal. Keputihan yang normal terjadi akibat proses normal dalam tubuh, biasanya keputihan yang normal akan timbul di sekitar waktu menstruasi. Keputihan yang normal cairannya tidak berwarna, tidak berbau, serta tidak menimbulkan perih atau gatal pada sekitar daerah kewanitaan. Sebaliknya, jika keputihan yang dialami berbau, berwarna serta gatal dan menimbulkan rasa sakit biasanya diakibatkan oleh adanya sebab abnormal. Keputihan yang tidak normal dapat diakibatkan oleh berbagai macam hal, diantaranya :

    1. Infeksi jamur - keputihan berwarna putih susu, tidak berbau, terasa gatal dan perih
    2. Infeksi trichomoniasis - cairan keputihan berwarna kuning kehijauan, berbau amis, kadang perih saat buang air kecil
    3. Infeksi bacterial vaginosis - cairan putih abu-abu, amis, tidak gatal
    4. Infeksi herpes genital - keputihan disertai lepuhan-lepuhan di daerah kewanitaan
    5. dan lainnya
    Untuk membaca lebih lengkap mengenai keputihan Anda dapat membuka halaman berikut : keputihan Agara dapat mengetahui apa yang menjadi penyebab keputihan yang Anda alami maka butuh untuk dilakukan konsultasi dan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Dokter mungkin akan meminta persetujuan Anda untuk melakukan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, dan sampel lab dari cairan keputihan. Terapi yang diberikan akan berbeda untuk setiap jenis keputihan, tergantung apa yang ditemukan menjadi penyebabnya. Namun berikut ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu mengatasi keputihan :
    1. Membersihkan daerah kewanitaan dengan air hangat
    2. Jangan sering menggunakan produk pembersih khusus dan sejenisnya untuk daerah kewanitaan
    3. Membersihkan / menyapu daerah kewanitaan dari arah depan ke belakang dan bukan sebaliknya
    4. Menjaga daerah kewanitaan agar tidak lengkap, dengan cara ; segera berganti celana dalam jika basah, jangan terlalu sering menggunakan pantyliner, jangan menggunakan celana dalam yang terlalu ketat, gunakan celana dalam berbahan katun
    5. dan lainnya
    Untuk lebih jelasnya Anda dapat membuka halaman berikut ini : merawat daerah kewanitaan   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.