Tanya Dokter

  • Penanganan demam

  •  Fanny Meliany
    Anggota

    Siang dok,

    Saya fanny, mau bertanya ttg demam. Td pada pukul 08.30wib saya meminum obat antibiotik penurun demam yg awalnya demam saya 39,2. Tp sampe dengan tadi jam 09.00 demam saya menjadi 40.00 dan sampai sekarang demam saya kisaran 39,7. Saya harus apa dok ?

    Terimakasih

    Fanny Meliany  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Fanny, Tidak ada antibiotik penurun demam. Antibiotik tidak memiliki khasiat sebagai antipiretik (anti demam). Antibiotik adalah obat yang berguna untuk membunuh bakteri. Infeksi bakteri dapat menimbulkan gejala salah satunya demam. Penyebab demam bukan hanya bakteri. Jadi, antibiotik memang bisa menurunkan demam asalkan demam tersebut disebabkan oleh bakteri (jadi kalau penyebabnya bukan bakteri, misal virus) maka demam tidak akan turun, bahkan meski demam disebabkan oleh bakteri akan butuh waktu beberapa hari bagi antibiotik untuk membunuh bakteri dan mengakhiri demam (jadi tidak memiliki efek penurun demam / antipiretik secara langsung).  Mungkin akan lebih tepat dikatahan mengakhiri demam dibandingkan menurunkan demam (khusus pada kasus akibat infeksi bakteri saja). Untuk menurunkan demam dapat dilakukan beberapa cara sbb :

    • Kompres dengan air hangat
    • pastikan anda banyak minum untuk mencegah dehidrasi, salah satu faktor yang membuat demam sulit turun adalah kurangnya cairan
    • Gunakan obat penurun demam (antipiretik), misalnya  parasetamol
    • Antibiotik hanya jika demam disebabkan oleh bakteri, harus digunakan dengan dosis dan durasi yang tepat.
    Melihat demam anda, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter. Jika diperlukan dokter dapat pula meminta anda untuk menjalani pemeriksaan tambahan seperti cek darah. Jika memang diperlukan dokter dapat meresepkan atibiotik disamping obat penurun demam. baca tautan berikut mengenai demam, penyebab dan penanganannya. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.