Tanya Dokter

  • Keputihan dan gatal

  • dok saya keputihan sudah 2 tahun lebih,berwarna putih susu kental dan gatal. walaupun keputihan kadang tidak disertai gatal. baru 2 mggu yg lalu saya minum metronidazol,ada perbaikan. tapi ketika saya aktif berhubungan,keputihan muncul dan gatal. saya takut berobat ke dokter krn takut dapet diagnosa yg tidak sesuai bayangan. apakah faktor kegemukan juga berpengaruh? saya ingin hamil dok,saya harus bagaimana??

    Hai Ika... Keluhan yang anda utarakan yaitu keputihan, Keputihan merupakan keluhan umum yang sering dijumpai oleh setiap wanita. Keputihan pada hakikatnya digolongkan menjadi 2 golongan, yaitu :

    1. Keputihan yang normal ( fisiologi ) : biasanya terjadi setiap bulan, muncul menjelang menstruasi, sesudah menstruasi ataupun pada saat masa subur.
    2. Keputihan yang tidak normal ( patologis ) : disebabkan oleh infeksi yang biasanya diikuti dengan rasa gatal didalam vagina atau di sekitar bibir vagina bagian luar.
    Besar kemungkinan keputihan yang anda alami merupakan keputihan yang tidak normal. Akan tetapi kami menyarankan agar anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut supaya penyebab dapat diketahui dengan pasti dan penanganan / terapi dapat diberikan secara tepat. Tips untuk mencegah keputihan diantaranya :
    • Memilih pakaian dalam yang menyerap keringat, berbahan katun dan tidak terlalu ketat
    • Bersihkan daerah kewanitaan dengan air hangat, menyapunya dari arah depan ke belakan tanpa sabun atau produk khusus
    • Saat sedang menstruasi rutin mengganti pembalut setiap beberapa jam sekali.
    • dll
    Berikut Artikel yang sesuai dengan pertanyaan anda : Serba Serbi Keputihan  Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat Terimakasih Dr. Jati Satriyo