Tanya Dokter

  • Hasil pemeriksaan penyakit hepatitis B

  •  Siti maslikah
    Anggota
    Sore dok, ibu saya pernah cek up, Hbsag hasilnya non reaktif dan hbsab negagif, disarankan oleh dokter imunisasi hepatitis. Ternyata setelah 3x imunisasi, hasil hbsag menjadi reaktif dengan kons 1,523.19 hasil enceran dan keterangannya <=10 mlU/ml sesudah vaksinasi. Yang mau kita tanyakan yaitu: 1.Arti dari hasil itu apa ya dok? 2.Setelah kita tes SGPT dan SGOT ternyata hasilnya SGPT 45 dan SGOT 37. Itu maksudnya gimana ya dok? Dan saya harus bagaimana untuk menurunkannya? Terima kasih.

    Halo  Siti maslikah, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Hepatitis B adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B. Virus ini ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh seperti darah, cairan vagina, ataupun cairan semen yang mengandung virus hepatitis B. Kontak dapat berupa kontak seksual, kontak dengan darah melalui jarum suntik, transfusi darah, dan transplantasi organ, serta penularan dari ibu ke bayi.

    Dari pemeriksaan yang anda lakukan, anda diminta untuk melakukan vaksinasi Hepatitis B karena HBsAg anda tidak reaktif dan HBsAb anda menunjukkan hasil negatif, yang berarti anda tidak memiliki imunitas terhadap penyakit Hepatitis B dan anda memiliki risiko tertular Hepatitis B tanpa imunitas yang baik ini. HBsAg anda berubah menjadi positif setelah vaksinasi kemungkinan disebabkan karena efek vaksinasi. Kasus dimana hasil pemeriksaan HBsAg menjadi positif setelah pemberian vaksin hepatitis B memang sering terjadi. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hasil positif HBsAg yang bersifat sementara pada orang yang baru menerima vaksin hepatitis B. Namun hingga saat ini, penelitian yang ada belum dapat memastikan berapa lama hasil ini akan positif setelah vaksin, karena temuannya masih sangat bervariasi. Meskipun hasil positif HBsAg paska vaksinasi biasanya menunjukkan hasil positif lemah dan tidak dapat merefleksikan hasil positif HBsAg pada orang yang benar-benar terinfeksi virus hepatitis B, beberapa organisasi tetap merekomendasikan untuk tidak melakukan pemeriksaan HBsAg hingga 21-28 hari setelah pemberian vaksin.

    SGOT dan SGPT adalah pemeriksaan enzim hati yang akan meningkat pada kondisi kerusakan sel-sel hati. Hasil pemeriksaan SGOT dan SGPT anda berada dalam nilai normal, sehingga andat tidak perlu melakukan sesuatu untuk menurunkan nilai SGOT dan SGPT tersebut.

    Yang anda alami saat ini adalah hal yang normal-normal saja terjadi paska vaksinasi hepatitis B, bila anda masih merasa khawatir, anda dapat berdiskusi kembali dengan dokter yang meminta pemeriksaan untuk keterangan dan tata laksana lebih lanjut.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia