Tanya Dokter

  • Hasil cek darah di Lab

  •  aseps
    Anggota
    Selamat sore Dok. Saya Sdh cek darah hasilnya : FT4 = H 32,7 pmol/L dan TSHs <=0,01 uIU/mL Apakah artinya semua itu dan tindakan apa yg harus saya lakukan selanjut nya?

    Hai Aseps

    Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang terletak di leher depan bagian tengah dan memiliki fungsi untuk menghasilkan hormon tiroid. Hormon tiroid sangat penting untuk pengatur proses metabolisme yang terjadi pada tubuh kita. Untuk mengetahui kadar hormon tiroid dapat melalui pemeriksaan darah, yaitu FT4 dan FT3. Adanya peningkatan nilai tersebut menunjukkan adanya kondisi hipertiroidisme (kelebihan hormon tiroid). Sedangkan TSH (thyroid stimulating hormone) adalah suatu hormon yang dihasilkan kelenjar pituitari di otak untuk merangsang kelenjar tiroid mengeluarkan hormon tiroid. Kelenjar pituitari akan mengeluarkan TSH lebih banyak pada keadaan hormon tiroid menurun, namun sebaliknya TSH akan menurun produksinya pada keadaan hormon tiroid meningkat. 

    Dari hasil pemeriksaan darah Anda didapatkan kadar FT4 yang meningkat dan kadar TSH yang menurun, yang berarti dalam kondisi hipertiroidisme. Dikarenakan kadar hormon tiroid yang meningkat maka kadar hormon TSH menurun karena tidak diperlukan untuk merangsang kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon tiroid. Untuk memastikannya diperlukan konfirmasi dengan gejala, pemeriksaan fisik dari dokter serta referensi nilai normal dari hasil laboratorium tersebut.

    Berikut informasinya:

    Hipertiroidisme.

    Semoga membantu ya. Terima kasih.

    dr.Yan william