Tanya Dokter

  • arti hasil cek lab feses

  • slmt siang dok, sy mau tanya mengenai hasil cek lab Feses rutin  saya :

    macroscopic:

    colour               kuning

    konsistensi    lunak

    pus,    slym     negatif

     

    Microscopic:

    lekosit            2-4

    erytrosit      0-2

    epithel          positif 1

    amylum       positif 1

    fat                   positif 1

    serat tumbuhan          positif 1

    amoeba        none

    egg worm    none

    bacteria     positif 1

    darah samar        negatife..........

     

    kira2  dok penyakit apa yg sy alami. Analisa dokter RS,  sya menderita GERD. memang awalnya 3 minggu yg lalu sy mengalami sesak nafas dan jantung berdebar, sehingga 2 hari sya harus dirawat. Cek EKG dan Thorax hasilnya normal... sampai sekarang sy masih mengalami sesak nafas.....mksh

    Hai, Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau penyakit asam lambung disebabkan oleh naiknya asam lambung dari lambung (gaster) ke kerongkongan (esofagus). Pada saat kita makan, makanan akan berpindah dari mulut ke lambung melalui kerongkongan. Di lambung, makanan akan dicerna dengan bantuan asam lambung. Pada kondisi normal, asam lambung hanya terdapat di lambung. Kerongkongan manusia termasuk daerah yang bebas dari asam lambung. Jika terjadi aliran balik / naiknya asam lambung dari lambung ke kerongkongan dan mulut, maka Anda akan merasakan berbagai gejala yang ditimbulkan oleh iritasi dari dinding kerongkongan dan mulut oleh asam lambung. Berikut merupakan gejala-gejala yang dapat timbul :

    1. rasa terbakar dan sakit pada dada
    2. nyeri ulu hati
    3. rasa asam dan pahit pada mulut
    4. sulit menelan dan terasa seperti ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan
    5. dan lainnya
    Untuk memastikan diagnosis dari GERD dokter akan melakukan konsultasi dan pemeriksaan fisik secara langsung. Jika diperlukan pemeriksaan penunjang medis lain mungkin dokter akan meminta pemeriksaan laboratorium darah dan endoskopi. Pemeriksaan EKG dan thoraks biasanya dilakukan untuk mengeliminasi apakah ada penyebab lain yang mengakibatkan nyeri dada dan sesak seperti yang Anda alami. Pemeriksaan feses yang Anda alami cenderung masih berada dalam batas normal / tidak signifikan secara klinis. Pemeriksaan feses biasanya dilakukan untuk mengetahui apakah ada masalah pada usus Anda, seperti misalnya apakah ada infeksi bakteri/virus atau memeriksa apakah Anda menderita penyakit radang usus, dan lainnya. Sebaiknya bawa hasil lab feses Anda dan konsultasikan lagi dengan dokter yang menyarankan pemeriksaan tersebut. Selain konsumsi obat yang diberikan oleh dokter Anda, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menguragi gejala GERD :
    • Jangan langsung berbaring setelah makan
    • Hindari makanan pedas dan berlemak
    • Hindari meminum kopi dan alkohol
    • Hindari merokok
    • Makan dalam porsi kecil-kecil dan sering
    • dan lainnya
    Untuk membaca lebih lanjut mengenai GERD Anda dapat membuka halaman berikut : GERD   Semoga bermanfaat, Dian Paramitasari, dr.