Tanya Dokter

  • Kenapa berat badan sudah turun?

  • Hii dok ... Saya mahasiswa berusia 21 tahun. Saya punya pertanyaan seputar diet. Dulu berat badan saya mencapai 80kg, karena selalu merasa minder saya memutuskan untuk diet dengan berbagai pola yg telah saya coba dan dirasa cocok untuk saya dan lagi ini tanpa obat.

    Pola diet saya hanya tidak makan malam, dan pengaturan kalori pada sarapan dan makan siang juga diiringi dengan olahraga berupa senam zumba selama 30-1 jam per hari. Tapi setelah 6 bulan BB saya hanya turun 6kg atau hanya 1kg tiap bulannya, sementara rekan saya dengan pola diet yg lebih sederhana mampu turun BB jauh lebih banyak dari saya. Tentunya itu membuat saya nyaris menyerah.

    Dok, kira2 apa penyebab BB saya sangat susah sekali turun sementara rekan2 saya mudah sekali? Terimakasih atas perhatiannya

    Hai Sella, Berat badan ideal merupakan berat badan yang diinginkan setiap orang. Setiap orang berusaha memiliki berat ideal dengan berbagai cara. Paling banyak melakukan dengan diet. Diet yang dilakukan setiap orang pun dapat mengalami kesalahan karena selalu mementingkan penurunan berat badan tanpa memperbaiki pola makan. Penurunan berat badan yang sehat adalah sebanyak 0,5kg setiap minggu. Saat ini sangat banyak penawaran untuk menurunkan berat badan termasuk menggunakan obat-obatan. Namun sebaiknya anda melakukan pola diet yang sehat dan berkonsultasi dengan dokter gizi. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki metabolisme yang berbeda-beda sehingga dua orang yang mengguunakan pola diet yang sama belum tentu mendapatkan hasil yang sama dengan waktu yang sama. Oleh sebab itu dibutuhkan konsultasi dengan dokter agar dapat dibuatkan program diet yang tepat dan sehat. Anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini:

    • Hindari melewatkan makanan utama
    • Konsumsi air mineral minimal 2 liter dalam 1 hari
    • Lakukan olahraga minimal 3 kali seminggu selama minimal 30 menit
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Diet cepat atau diet sehat Pilihan makanan untuk diet yang menyenangkan