Tanya Dokter

  • hasil lab cmv igM dan igG

  •  Sutris Trisno
    Anggota

    Anak saya hasil lab cmv igm negatif dan cmv igG positif keluhan radang mata dan penglihatan terganggu terus g mana dok apa yang harus saya lakukan?

    Halo,   Keluhan radang pada mata dan gangguan penglihatan pada anak Anda perlu segera diperiksakan ke dokter mata terdekat karena bisa merupakan suatu indikasi dari penyakit yang serius. Hasil lab CMV dengan IgG Positif dan IgM Negatif menandakan bahwa anak Anda pernah terinfeksi oleh CMV di masa lalu (> 1 tahun yang lalu ) dan memiliki antibodi terhadap CMV (virus sedang dalam masa dorman / tidak aktif), untuk mengetahui apakah terjadi kekambuhan dari penyakit virus ini maka konsentrasi dari IgG perlu diketahui, pada kekambuhan infeksi maka kadar konsentrasi IgG akan meningkat atau Ig M akan kembali positif. Baca topik diskusi mengenai Kadar IgM dan IgG CMV. Penglihatan yang terganggu disertai radang (kemerahan pada mata) bisa disebabkan karena :

    1. Glukoma akut
    2. Keratitis = peradangan kornea
    3. Benda asing pada mata
    4. Trauma pada mata
    5. Uveitis
    6. Endoftalmitis
    7. dll.
    Hindari memberikan obat mata sendiri kepada anak Anda tanpa mengetahui penyebab jelas radang dan gangguan penglihatan anak Anda. Segera periksakan mata anak Anda, dokter mata akan melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi mata anak Anda. Baca topik diskusi mengenai Mata merah yang disertai gangguan penglihatan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi