Tanya Dokter

  • Hasil lab darah

  •  Dian Phimpim
    Anggota
    Permisi dok Nama Dian Umur 22 JK Laki2 Tinggi 170 BB 92 Kemaren saya habis cek darah di prodia Dari hasil lab tersebut ditemukan tanda bintang(*) Eritrosit 5.96 dari nilai rujukan 4.4 - 5.9 -MCH 25.8 dari nilai rujukan 26 - 34 -MCHC 31.6 dari nilai rujukan 32 - 36 Neutrofil 75.0 dari nilai rujukan 50.0 - 70.0 Limfosit 20.0 dari nilai rujukan 25.0 - 40.0 Kolesterol HDL 36 dari nilai rujukan >40 Asam urat 7.2 dari nilai rujukan <7 Dok bagaimana cara menurunkan maupun menaikan/mensetabilkan hasil ke nilai rujukan, apakah ada pantangan,pola makan,gaya hidup mohon saran nya dan apa yg harus saya lakukan, bagaimana cara menjaga pola makan dan diet sehat dok,kemaren diet tapi malah sakit2an Apa yang harus saya lakukan,mohon pencerahannya dok. Terimakasih

    Halo,

    Pada dasarnya pemeriksaan yang baik untuk menilai kesehatan seseorang tidak bisa hanya ditentukan dari hasil lab saja. Dibutuhkan pemeriksaan medis seperti wawancara medis, pemeriksaan fisik dan tes penunjang.

    Hasil lab Anda yang terutama harus diperhatikan adalah nilai HDL (lemak baik yang berfungsi untuk menjaga agar tidak mudah terbentuk plak di pembuluh darah). HDL yang rendah akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Namun, tidak hanya satu parameter ini saja yang dilihat, pemeriksaan lain seperti tekanan darah, kadar gula darah, kadar kolesterol, trigliserid, dan LDL juga harus diperhatikan.

    HDL yang rendah dapat Anda bantu perbaiki dengan cara menjaga asupan pola makan yaitu menghindari makanan tinggi lemak, tidak merokok dan berolahraga secara rutin.

    Kadar asam urat yang lebih tinggi dari normal dapat dibantu diatasi dengan:

    • membatasi konsumsi makanan tinggi purin (misalnya: alkohol, sea food, sarden)
    • minum air putih yang cukup

    Lebih jelasnya Anda dapat membuka tautan ini:

    Pilihan makanan untuk penderita asam urat

    Diskusi menaikkan HDL

    Pentingnya mengetahui tingkat kolesterol normal

    Semoga bermanfaat,

    dr.Mira