Tanya Dokter

  • Hasil lab darah dan tes urin

  • Selamat mlm dok., Saya mat tanya hasil lab darah saya LED 68, Hasil tes urin blood 250 (+) positif 4, Leucocytes 500 (+) positif 4, Leukosit dan eritrosit penuh artinya apa dok? Mohon bantuanya. Trimakasih..
    Danang Setiawan II  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Danang,

    Untuk menegakkan suatu diagnosa diperlukan rangkaian pemeriksaan secara lengkap mulai dari wawancara mengenai riwayat sakit saat ini seperti gejala yang timbul, riwayat sakit terdahulu, riwayat keluarga, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang. Untuk itu kembali konsultasikan hasil lab pada dokter yang memeriksa Anda agar dilakukan penegakkan diagnosa dari rangkaian pemeriksaan yang sudah dilakukan termasuk pemeriksaan lab agar menentukan kondisi yang Anda alami dan memberikan penanganan yang tepat.

    Buang air kecil atau berkemih disertai darah sendiri disebut dengan hematuria, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab seperti misalnya:

    • Infeksi saluran kemih yang ditandai dengan perubahan frekuensi berkemih menjadi lebih sering, nyeri saat berkemih, dan juga urine yang mengandung darah
    • Gangguan pada ginjal seperti infeksi ginjal atau batu ginjal
    • Masalah pada kandung kemih
    • Masalah pada prostat terutama pada usia lanjut yang dapat menimbulkan masalah saat berkemih, aliran kencing yang lemah, dan buang air kecil yang sulit

    Selain dengan pemeriksaan urine, pemeriksaan tambahan lain juga dapat membantu dokter untuk menentukan kondisi yang Anda alami seperti foto rongen, pemeriksaan USG ataupun juga pencitraan dengan CT scan tetapi jarang dilakukan jika tidak dibutuhkan.

    Untuk itu segera kembali periksakan diri Anda pada dokter yang menangani Anda, jaga kebersihan dan kesehatan saluran kemih Anda dengan tidak menahan buang air kecil, minum banyak air dan juga melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.