Tanya Dokter

  • Penyebab kejang demam pada anak

  • Begini dok, 1 minggu yg lalu anak saya umur 2 tahun laki laki laki tiba2 panas di pagi hari dan malam nya dia mengalamai kejang demam (tidak ada batuk, pilek ataupun mencret), pada saat kejang demam lngsung dibawa ke klinik, nah esok hari nya dokter menyarankan utk tes darah.. Dan ini hasilnya HB: 10.1, Leukosit: 12.200, Trombosit 575, Hematokrit 30. Tes urin nya yg blm dok krna anak susah utk dsruh pipis. Panas nya hanya selama 3 hari, pada saat panas sampai hari ini pun kondisi anak lincah aktif dan byk makannya. Setelah hasil tes kluar anak saya lngsung diresepkan antibiotik oleh dr. Apakah hasil lab anak saya memang bermasalah (diluar batas normal) ya utk anak umur 2 tahun apakah perlu pemberian antibiotik nya (selain antibiotik diresepkan sangobion)

    Halo Tiara

    Terima kasih telah bertanya pada Alodokter

    Mengenai cerita Anda terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi pada Anak Anda yaitu:

    Hal tersebut yang paling memungkinkan, memang belum dilakukan pemeriksaan kencing ataupun nyeri pada telinga namun tidak jarang Anak tidak mengeluhkan hal itu dikarenakan tingginya panas yang dialami apalagi hingga mengalami kejang demam. Pada pemeriksaan darah juga mendukung ke arah infeksi bakteri dimana terjadi peningkatan sedikit pada leukosit (sel darah putih) pada Anak ibu dan mengenai pemberian antibiotik sebenarnya tergantung dari indikasinya apabila saat ini Anak ibu sudah sehat dan dapat lincah dan makannya baik maka tidak perlu diresepkan  antibiotik kembali karena peningkatan sel darah putih pada lab sebelumnya juga bersifat sementara dimana terjadi akibat adanya proses infeksi di dalam tubuh. Yang perlu dilakukan adalah menjaga agar Anak tidak mengalami sakit kembali dengan makanna bergizi, istirahat yang cukup dan cobalah ajak Anak untuk memeriksakan telinga karena telinga yang kotor pun dapat menyebabkan demam pada anak-anak.

    Kemudian mengenai antibiotik yang diresepkan apakah bernama sangobion? Apakah Anda tidak salah membaca nama obat tersebut? Karena sangobion merupakan obat atau suplemen penambah darah bukan antibiotik. Apabila ibu ingin mencari tau lebih lanjut ibu dapat berkonsultasi kembali ke dokter tempat ibu memeriksakan Anak ibu sebelumnya agar mendapatkan informasi yang lebih jelas dan terarah

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr Satya Sueningrat