Tanya Dokter

  • Interpretasi hasil pemeriksaan feses anak

  •  Yulisas Fita
    Anggota
    siang dok .. anak saya usia 11 bln dia diare sudah 7 hari baru cek fases hasil ny lendir + .. leukosit 8-10.. lemak +.. bakteri + .. ragi + .. pseudhohypha + .. artinya apa ya dok

    Halo,

     

    Interpretasi hasil laboratorium akan lebih baik jika dilakukan oleh dokter perujuk karena dokter tersebutlah yang memahami dengan baik kondisi fisik dari penderita. 

    Diare bisa disebabkan oleh banyak kasus seperti =

    1. Infeksi virus.
    2. Infeksi parasit dan kuman = cacing, bakteri dll
    3. Infeksi jamur.
    4. Keracunan makanan.
    5. Psikis.
    6. IBS atau IBD
    7. Efek samping obat.
    8. Intoleransi laktosa.
    9. Alergi.

    Salah satu bentuk tes medis pada  diare adalah dengan melakukan analisa feses dan tes darah. Pada analisa feses bayi Anda didapatkan beberapa informasi yakni =

    • Adanya kuman atau bakteri , ditandai dengan tingginya leukosit dan adanya bakteri pada feses. 
    • Adanya infeksi jamur ditandai dengan positifnya pseudohifa dan ragi.
    • Lendir bisa saja didapatkan dan normal pada feses dengan jumlah sedikit, namun jika lendir banyak dan bercampur dengan darah maka kondisi ini sudah abnormal.
    • Adanya lemak pada feses bisa disebabkan karena gangguan metabolisme lemak pada saluran cerna anak Anda.

    Sangat dianjurkan agar Anda kembali memeriksakan bayi Anda ke dokter anak. Dengan demikian dokter dapat mengetahui lebih baik kondisi saluran cerna anak Anda yang sedang mengalami diare saat ini. Dengan begitu pula dokter bisa memberikan pengobatan yang baik agar keluhan anak Anda bisa segera membaik.

    Perbaiki dan  perhatikan asupan cairan anak Anda, jaga kebersihan makanan dan alat makan, cuci tangan sesudah membersihkan bokong anak serta sebelum memberikan makanan. Berikan makanan yang matang dan lunak, hindari pemberian jus buah saat anak diare. 

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi