Tanya Dokter

  • Hasil lab. Pap smear

  • Dok.3mgg yg lalu kk saya melakukn pm. Pap smear dan hasilnya bgini : KATEGORI UMUM : negatif lesi intraepitelial dan keganasan INTERPRETASI * Negatif lesi intraepitelial&keganasan - organisme : ---- - non neoplastik lain : perubahan reaktif karena inflamasi *kategori lain : --- * Abnormalitas sel epitelial - sel skuamosa : tdk ada kelainan - sel glandular ; tdk ada kelainan *neoplasma ganas lain : --- KESIMPULAN : Inflamasi Saran: periksa ulang 6 bln lagi Menurt hasil pemeriksaanya itu apa ada tanda2 sel kanker serviks dok?? Mohn penjelasan tentang hasil lab ini dok Mkasii

    Halo, terimakasih atas pertnyaan yang Anda sampaikan.

    Pada dasarnya ada beberapa cafra untuk mneginterpretasi suatu hasil pap smear, tetapi jika kita merujuk pada klasifikasi Bethesda maka hasil dapat diklasifikasikan menjadi normal, reactive / inflamatory change, ASCUS, LIL dan HSIL.

    Hasil Anda menunjukkan tidak didapatkan tanda kanker / keganasan, tetapi terdapat peradangan/ inflamasi pada leher rahim, penyebabnya bermacam-macam tetapi yang paling sering adalah karena infeksi. Kondisi ini secara umum tidak berbahaya tetapi memang perlu ditangani dan umumnya disarankan untuk di pap smear ulang 3-6 bulan setelah pap smear saat ini.

    Saya sarankan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter ahli kebidanan dan kandungan (ObsGyn) untuk mendapatkan penanganan ;lebih lanjut.

    pap smea

    deteksi dini kanker serviks dengan pap smear

    Demikian yang dapat saya sampiakan, semoga bermanfaat.

    dr. Lili