Tanya Dokter

  • Penjelasan hasil pemeriksaan papsmear

  •  Meyna82
    Anggota

    Selamat siang Dok,

    Saya baru saja melakukan Papsmear, mohon dijelaskan hasil papsmear saya: banyak sel radang 70%, banyak darah 70%, sedikit sel epitel skuamosa 25%, banyak lendir, Rincian: sediaan sitologi apus vagina, terdiri atas sel epitel skuamosa dengan inti normal, Sel endoserviks dan sel metaplastik tidak ada. Sel radang akut, kronik dan bakteri vaginalis sedikit. Tidak ada infeksi virus HPV. Tidak ada tanda infasif. Terima kasih atas informasinya Dok.

    Meyna82  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Meyna82,

     

    Pemeriksaan papsmear merupakan pemeriksaan dengan mengambil lendir dari mulut rahim (serviks) untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan dibawah mikroskop dengan tujuan untuk melihat adanya tanda-tanda dini dari sel kanker pada serviks.

     

    Pada pemaparan hasil pemeriksaan yang anda tuliskan, terdapat sel-sel peradangan dengan jumlah yang cukup tinggi yang dapat disebabkan karena adanya infeksi atau adanya luka pada serviks. Tidak ditemuannya sel metaplastik menunjukkan bahwa tidak ada sel yang mengarah ke arah keganasan saat ini namun sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter spesialis kandungan dengan membawa serta hasil pemeriksaan papsmear yang sudah anda lakukan sehingga melalui konsultasi dan pemeriksaan fisik dan ditunjang dengan adanya hasil pap smear dapat disimpulkan hasil dari pemeriksaan tersebut sesuai dengan hasil konsultasi dan pemeriksaan.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi