Tanya Dokter

  • hasil pemeriksaan radiologi dan solusinya

  • Pagi dok, saya mau tanya

    Ini hasil radiologi dari ibu saya : HEAD CT SCAN AXIAL TANPA DAN DENGAN BAHAN KONTRAS DENGAN KLINIS TUMOR CEREBRI - TAMPAK LESI ISODEN DAN HIPERDENS DI PARAFALK CEREBRI DEXTRA ASPEK ANTERIOR UKURAN LK 3X4,5 CM, OEDEMA SEKITAR LESI +.POST KONTRAS TAMPAK STRONG ENHANCED - VENTRIKEL LATERALIS TERUTAMA DEXTRA TAMPAK SEMPIT - LINEA MEDIANA TERDESAK KE SINISTRA

    Kesan : - GAMBARAN MASSA DI PARAFALK CEREBRI ANTERIOR DEXTRA SUGESTIF MENINGIOMA - GAMBARAN MASSA LINEA MEDIANA +

    dari hasil tsb, maksudnya gmn ya dok? JAlan keluar untuk penyembuhannya bagaimana? Mhon penjelasan dan bimbingannya, trimakasih dok.

    Hp : 081329300703 (pin : 52a701cc)

    Halo,   Gambaran CT SCAN tidak bisa dijelaskan hanya berdasarkan membaca hasil CT SCAN begitu saja, namun perlu disesuaikan dengan keluhan pasien dan memerlukan pengamatan dan pemeriksaan gambar CT dan pemeriksaan fisik pasien secara langsung. Secara garis besar, gambaran CT SCAN ibu Anda menunjukkan adanya tumor (massa) pada otak besar bagian depan dengan jenis gambaran seperti meningioma. Meningioma adalah salah satu tumor otak yang berasal dari selaput otak (meningen), sebagian besar meningioma bersifat jinak (benign) namun ada beberapa kasus bisa menjadi 1 keganasan (kanker). Meningioma sering muncul pada wanita usia tua (> 50 tahun). Gejala yang mungkin muncul pada meningioma adalah :

    • Sakit kepala
    • Gangguan penglihatan
    • Kelemahan pada tangan / kaki
    • Gangguan pendengaran
    • Kejang
    • gangguan penciuman
    • dll.
    Penanganan meningioma akan ditentukan dari besarnya tumor, lokasi tumor, membesar / tidak, gejala yang ditimbulkan dan kondisi lain. Jika dokter melihat bahwa meningioma tidak membesar dengan cepat dan tidak menimbulkan gejala maka mungkin saja tumor tersebut hanya akan diawasi secara rutin setiap beberapa bulan untuk melihat perkembangannya. Namun jika tumor membesar dengan cepat, lokasi berada ditempat yang penting, terdapat gejala dll maka beberapa jenis penanganan bisa dilakukan yakni :
    1. Operasi
    2. Radiasi
    3. Radiosurgery
    4. Fractioned terapi
    5. obat obatan.
    Untuk pengobatan terbaik silahkan konsultasikan dengan dokter Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi