Tanya Dokter

  • Hasil rontgen

  • Corakan bronchovaskuler bertambah itu maksudnya apa ya dok. Trims

    Halo Risma.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, rontgen dada atau rontgen thorax Merupakan foto dada yang menunjukkan paru-paru, jantung, saluran Pernapasan, pembuluh darah ke rumah dan kelenjar getah bening anda.

    Rontgen dada yang merupakan tes pencitraan yang paling umum dilakukan untuk menemukan masalah dalam dada, dapat juga menunjukkan tulang belakang dan dada, termasuk tulang rusuk, tulang payudara, tulang selangka, dan bagian atas tulang belakang Anda.

    Corakan bronkovaskuler merupakan suatu gambaran pembuluh darah saluran pernafasan paru-paru yang terbesar. Corakan bronkovaskuler normalnya hanya terdapat pada 1/3 lapangan paru dari tengah pada dewasa, apabila melebihi maka dapat disebut sebagai corakan yang bertambah.

    Jika hasil rontgen menunjukkan corakkan bronkovaskuler bertambah, maka kondisi ini dapat menjadi suatu tanggal proses Peradangan pada paru misalnya pada bronkhitis, pneumonia, dan lain sebagainya.

    Kami menyarankan untuk membawa hasil rontgen ini kepada dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan kembali lebih lanjut, sehingga kondisi kesehatan Anda saat ini dapat diketahui, dan akhirnya dapat dilakukan penanganan yang tepat.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati