Tanya Dokter

  • Penjelasan hasil tes urin

  • Siang, maaf dok mau tanya. Kemarin saya abis mcu trus hasil tes urinnya terdapat bakteri ++ apakah itu berbahaya? Terimakasih

    Halo Sania Dwi, 

    Normalnya urin tidak mengandung bakteri. Adanya bakteri pada pemeriksaan urin bisa menandakan adanya infeksi pada saluran kemih (ISK). Gejala ISK diantaranya adalah nyeri saat berkemih, rasa tidak tuntas setelah berkemih, nyeri perut bawah, rasa panas pada kemaluan, mual, demam dan bisa juga keluar darah saat kencing. Jika ISK terjadi pada bagian atas (ginjal) makan bisa terjadi juga nyeri pinggang.

    Meski begitu, bisa saja sampel urin Anda terkontaminasi, misalnya mengambil sampel urin dari awal kencing (bukan midstream), botol tersentuh kulit kemaluan saat pengambilan atau karena hal lainnya. Biasanya pada ISK juga bisa terjadi peningkatan leukosit, eritrosit dan/atau nitrit yang positif. 

    Anda sebaiknya berkonsultasi pada dokter sambil membawa hasil urin Anda. Dokter Anda akan memeriksa Anda dan menentukan apakah Anda menderita ISK atau tidak dan menentukan langkah selanjutnya. Sementara ini Anda dapat banyak minum, tidak menahan kencing, dan menjaga kebersihan organ intim Anda. 

    Diskusi serupa: Bakteri Positif pada Urin

    Salam, 

    dr. Mega