Tanya Dokter

  • Hasil Tes EKG Jantung

  • Halo Dok,

     

    saya mau tanya, saya sehabis melakukan MCU. dari beberapa tes yang saya jalani, pada bagian tes Jantung, ada hasil yang kurang memuaskan yakni:

    hasilnya:

    Abnormal

    lncomplete Right Bundle Branch Block

    Right Ventricular Hypertrophy

     

    dari ke 2 hal tsb artinya apa ya dok?

    selama ini tidak ada keluhan sakit di daerah jantung dok.

    lalu dari hasil tsb, untuk memperbaikinya apa yang perlu dilakukan?

    terima kasih :)

    Halo Ezra, terima kasih atas pertanyaannya. Jantung merupakan salah satu organ penting pada tubuh yang berperan pada sistem sirkulasi darah. Sistem sirkulasi darah bertugas untuk mendistribusi darah dari jantung ke seluruh tubuh dan juga aliran baliknya. Organ jantung terletak pada rongga dada berdempet dengan paru-paru, jantung memiliki 4 ruangan yaitu 2 atrium (kanan dan kiri) serta 2 ventrikel (kanan dan kiri). Ke empat ruangan ini merupakan tempat keluar masuknya darah di dalam jantung untuk selanjutnya di pompa ke seluruh tubuh. Ventrikel kiri merupakan merupakan yang bertugas paling besar untuk mengalirkan aliran darah ke seluruh tubuh. Pusat aliran listrik jantung diatur oleh sistemnya sendiri yang berjalan otomatis untuk mengatur denyut jantungnya sendiri. 

    Sedangkan EKG atau elektrokardiogram merupakan alat untuk memeriksa aktivitas listrik jantung. Gambaran aktivitias listrik jantung ini akan menggambarkan kondisi jantung Anda. Pada hasil EKG yang Anda dapatkan terlihat gambaran adanya pembesaran ventrikel jantung disertai dengan adanya hambatan aliran listrik jantung. Pada kondisi ini seringkali tidak ditemukan adanya gejala pada Anda namun keluhan ringan seperti detak jantung seringkali tidak beraturan atau adanya rasa mudah lelah. Beberapa gangguan yang menyebabkan adanya kelainan jantung tersebut adalah :

    Sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter jantung terdekat untuk mengkonfirmasi hasil EKG tersebut. Dokter akan memeriksa lebih lanjut mengenai kondisi jantung Anda.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa