Tanya Dokter

  • Penjelasan hasil tes urin

  •  emir gardian
    Anggota
    Malam Dok, tolang bantuannya.. Saya baru saja tes urin dengan hasil. Sedimen. . lekosit : 1-2 . erittrosit : 0-2 . sel epitel : + (positf) . kristal : k.amurph (+) / positf Dengan hasil seperti itu apakah kondisi kesehatan saya baik atau buruk, sedangkan saya merasa tidak ada gejala sakit. Dan berdasarkan hasil tersebut saya akan pergunakan untuk melamar pekerjaan. Mohon bantuannya Dok..

    Halo Emir, 

    Perlu diketahui pemeriksaan penunjang (dalam hal ini urinalisis) tidak bisa dijadikan sebagai rujukan tunggal mengenai kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Perlu dilakukan anamnesis (tanya jawab), pemeriksaan fisik lengkap barulah dilengkapi dengan pemeriksaan penunjang untuk menentukan suatu diagnosis penyakit.

    Leukosit pada urin normalnya 2-5/LPB dan eritrosit 0-2/LPB (rujukan nilai normal dapat sedikit berbeda setiap laboratorium). Kristal amorf pada urin juga bisa muncul sewaktu-waktu pada urin yang normal. Jika hanya merujuk pada nilai-nilai yang Anda berikan, kemungkinan urinalisis Anda dalam batas normal. Tetapi tidak bisa dikatakan demikian karena hasilnya tidak lengkap. 

    Leukosit (sel darah putih) yang meningkat pada urin bisa disebabkan karena infeksi saluran kemih. Eritrosit (sel darah merah) bisa meningkat pada berbagai keadaan misalnya infeksi saluran kemih, batu ginjal, gangguan pada glomerulus, keganasan, dan berbagai kondisi. Kristal di urin adalah bentukan padat dari zat-zat yang terdapat di urin. Faktor-faktor yang perlu diidentifikasi pada kristal diantaranya adalah bentuk, warna, dan pH urin. Kristal dengan bentuk tertentu dapat menandakan suatu kondisi medis.

    Jika Anda merasa khawatir akan hal ini, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter dengan membawa hasil laboratorium Anda. 

    Diskusi serupa: 

    Hasil Laboratorium Urin

    Salam, 

    dr. Mega