Tanya Dokter

  • Tentang penjelasan hasil lab

  • Selamat Malam AloDokter sebelumnya Saya ingin bertanya mengenai hasil test lab yang saya lakukan di Pro*** pada tanggal 4 November kemarin Saya bermaksud untuk checkup routine dan saya checkup Gonorrhea, Sifilis, dan Anti HIV Pada cek gonorrhea saya di cek -Pengecatan Gram -Jamur Mikroskopis -Trichomonas Mikroskopis Dan saya mendapatkan hasil Pengecatan Gram - Bahan : sekret uretra - Batang gram negatif : - - Batang gram positif : ++ - Coccus gram negatif : + - Coccus gram positif : +++ (berpasangan) - Epitel : 1-2 / lpi - Leukosit : 1-3 / lpi - lainnya : - Jamur Mikroskopis - Bahan : Sekret Uretra - Hasil : Tidak ditemukan Sel ragi dan Hifa/Pseudohifa Trichomonas Mikroskopis - Bahan : Sekret Uretra - Hasil : tidak ditemukan Trichomonas Yang ingin saya tanyakan adalah, bagaimana cara membaca hasil ini? Lalu, apakah benar ini hasil dari test untuk Gonorrhea? Karna yang saya baca berbeda dengan yang seharusnya. Terima kasih sebelumnya

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Bakteri digolongkan berdasarkan pewarnaan dan bentuk bakterinya. Gram positif dan negatif merupakan hasil pewarnaan ketika diperiksa dibawah mikroskop. Untuk bentuknya bakteri terdiri dari batang (basil) atau bulat/oval (coccus)

    Untuk coccus gram positif cukup banyak ditemukan didalam tubuh misalnya bakteri yang hidup di permukaan kulit (staphylococcus). Dan biasanya hidup sebagai flora normal di tubuh kita untuk membantu melindungi tubuh dari kemungkinan infeksi.

    Untuk hasil laboratorium yang Anda lampirkan belum menunjukan adanya infeksi dari gonorrhea. Pada gonorrhea disebabkan oleh kuman coccus gram negatif berpasangan (diplococcus). Selain itu untuk menegakkan diagnosa gonore harus dilakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Biasanya bila memang didapatkan riwayat pernah melakukan hubungan seksual beresiko, adanya cairan kental yang keluar dari penis, dan ditunjang dengan temuan laboratorium coccus gram negatif berpasangan, maka tegaklah diagnosa dari gonore tersebut.

    Namun sebaiknya untuk menghilangkan keraguan Anda, berkonsultasilah secara langsung dengan dokter di daerah Anda untuk dapat dilakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik lebih lanjut bila terdapat keluhan pada Anda. Namun bila tidak ada keluhan, anda tidak perlu khawatir. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

    1. Konsumsi air putih setidaknya 2 liter dalam sehari
    2. Jaga kebersihan alat kelamin Anda
    3. Hindari untuk menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat
    4. Hindari melakukan hubungan seksual yang beresiko

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati