Tanya Dokter

  • hasil test lab

  • siang dok sayamau tanya hasil lab saya sediaan langsung / mikroskopis gram : gram (+) coccus(+) gram : gram(-) bacil(+) leukocyte : 1-2/lp epithel : 4-5/ lp maksud dari hasil tes tersebut apa ya dok? untuk jenis penyakitnya ringan ataukah berat? terimakasih sebelumnya

    Halo Haxienda......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa hasil dari tes laboratorium Anda yang menunjukkan adanya gram positif dan juga coccus yang positif, maka hal ini dapat diartikan adanya kuman coccus gram positif pada tubuh Anda.

    Jenis kuman ini sangat banyak dan bervariasi, serta dapat menimbulkan penyakit dari yang ringan maupun berat. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan oleh kuman tersebut : meningitis, infeksi pada paru - paru, infeksi kulit, keracunan makanan, infeksi pada saluran cerna, dll.

    Jika sudah terbukti adanya infeksi bakteri pada tubuh Anda, maka dikusikanlah masalah yang Anda alami juga bawalah hasil laboratorium Anda kepada Dokter Spesialis Penyakit Dalam agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut yang terkait dengan hasil dari laboratorium.

    Dokter biasanya akan memberikan penanganan berupa peresepan antibiotik === obat yang dapat membunuh kuman. ( jika sudah terbukti tubuh Anda mengalami infeksi kuman / bakteri, serta menimbulkan gejala yang pasti ). 

    Klik diskusi di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    COCCUS GRAM POSITIF

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati

    Halo Haxienda, 

    Anda perlu memperjelas pemeriksaan sediaan apakah yang Anda maksudkan? Apakah pemeriksaan urin, sekret vagina/penis, saliva, darah, atau pemeriksaan lainnya? Karena hasil pemeriksaan dapat berbeda tergantung dari jenis sediaan apa yang diambil. Anda dapat membalas jawaban ini untuk menambahkan informasi. Perlu diketahui juga keluhan apa yang Anda rasakan dan hasil pemeriksaan fisik yang menjadi alasan Anda diperiksa suatu pemeriksaan laboratorium. 

    Perlu diketahui bahwa pemeriksaan penunjang saja tidak bisa digunakan sebagai diagnosis. Suatu diagnosis harus didasari dari anamnesis (wawancara medis) pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang. Jadi sebenarnya yang paling tepat adalah Anda menanyakan hasil ini pada dokter yang memeriksa Anda secara langsung dan dokter yang memberi Anda saran untuk melakukan pemeriksaan laboratorium ini. 

    Salam, 

    dr. Mega