Tanya Dokter

  • Tentang hasil testpack yang samar

  • Salam dok, begini, istri saya mengalami menstruasi yang maju 5 hari dab hanya berlangsung dua hari saja,dan darah yang keluarpun relatif seperti menstruasi umumnya, namun istri saya sering mual, dan saat di melakukan Test pack 3 hari setelah berhenti keluarnya darah menstruasi hasilnya terdapat garis yang sangat samar. Apa ini gejala kehamilan dok? Atau darah yg keluar saat 2 hari tersebut gejala keguguran dini?

    Pada kehamilan trimester awal, beberapa wanita memang sering kali mengalami flek atau keluarnya darah sebagai tanda awal dari proses implantasi, namun biasanya jumlahnya sedikit. Kehamilan harus benar-benar dipastikan, karena jaringan dan darah hasil pembuahan yang keluar sebelum usia 20 minggu dikategorikan sebagai abortus (keguguran). Selain itu,  keluarnya darah pada wanita diluar siklus menstruasi memang harus dicari tahu lebih lanjut, karena dapat disebabkan oleh berbagai hal didalam organ reproduksi (misalnya tumor pada rahim) dan diluar organ reproduksi (misalnya akibat gangguan perdarahan).

    Untuk memastikan kehamilan, istri Anda dapat melakukan pemeriksaan test pack ulang sekitar satu minggu setelah pemeriksaan terakhir. Namun saya sangat menyarankan untuk segera dilakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialias kandungan. Selain wawancara medis terstruktur dan pemeriksaan fisik,  diperlukan pemeriksaan penunjang seperti USG panggul.

    Apabila terbukti hamil, harus dilakukan kontorl rutin kehamilan dan konsumsi berbagai suplemen kehamilan sesuai usia kandungan. Bila ternyata telah terjadi abortus, harus dipastikan bahwa jaringan konsepsi telah keluar semua. Pada kasus abortus dengan sisa jaringan, harus dilakukan evakuasi dengan metode kuretase.

    Sekian, semoga dapat dipahami

    Dr.Siti Rahmayanti