Tanya Dokter

  • Hasil testpack yang menunjukkan positif hamil

  • Selamat pagi, dokter. Seperti biasa, banyak pertanyaan saya yang sudah di jawab oleh dokter-dokter disini, sangat menyenangkan. Namun, saya ingin menanyakan hal yang belum ada penjelasannya, bahkan sering terjadi Rancu di komunitas, baik online maupun kehidupan sosial. Agar terhindar dari salah kaprah, mohon penjelasannya dok, semoga membantu saya dan juga mereka yang mengalami hal seperti saya ini. Begini dok, Saya melakukan hubungan intim dengan suami di pas 1 hari setelah bersih Menstruasi. Iseng, seminggu kemudian, saya testpack. Hasilnya ada garis tipis sekali, namun melebihi waktu yang ditentukan, 1 jam kemudian. 3 hari kedepannya, saya coba testpack lagi, hasilnya sama. Nah, jarak 2 hari setelahnya saya testpack kembali, ada garis 2 sangat jelas, namun posisinya berada dekat pembatas 'Max'. Sebelumnya, DENGAN TESTPACK YANG SAMA, saya tidak pernah melihat garis seperti ini. Mohon dijelaskan secara rinci dok, karena banyak yang mengalami hal seperti saya, kebanyakan setelah di USG mereka Hamil. apakah saya hamil? Karena saya hanya memastikan jawaban terbaiknya dok sebelum USG, agar membantu mereka juga yang mengalami hal seperti saya ini. Terimakasih.

    Hai Rianti,terimakasih telah bertanya di alodokter serta kesediaan anda untuk selalu menggunakan layanan alodokter. Kami sangat menghargainya. Saya akan membantu memberikan info mengenai pertanyaan anda,test pack adalah alat pemeriksaan kehamilan secara sederhana,alat ini berfungsi untuk memeriksan hormon B-hCG yang diproduksi saat kehamilan terjadi. Hormon ini biasanya akan dapat terdeteksi sekitar 7 hari paska sel telur dibuahi,oleh karena itu pemakaian test pack jika terlalu dini akan menghasilkan hasil yang tidak akurat. Angka akurasi pada test pack biasanya mencapai 99%. Cara melakukan dan membaca testpack adalah sebagai berikut:
    1. Menampung urine di dalam wadah yang bersih
    2. Anda dapat menggunakan urin di pagi hari
    3. Hasil positif pada test pack biasanya ditunjukkan dengan adanya garis tambahan meski samar (pada kasus anda)
    4. Saat anda ragu dengan hasil yang anda dapatkan,sebaiknya anda segera mengunjungi dokter spesialis kandungan terkait,sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Demikian info yang dapat diberikan,semoga info ini bermanfaat. Salam dr. Celleen