Tanya Dokter

  • hasil testpack positif namun USG tidak terlihat kehamilan

  •  parsiti
    Anggota
    Malam dok, saya sudah 3 kali testpack dan semua hasilnya positif, usia kehamilan saya 7 minggu tetapi kemarin saya USG dokter kandungan bilang tidak terlihat kantung dan janin, rahim saya bersih tidak ada tanda kehamilan.. Saya juga awal nya tidak mengalami flek, tetapi sampai hari ini saya belum datang bulan dan payudara saya sakit seperti mau mestruasi.. Terakhir saya haid 15 September-20 september 2017.. Mohon penjelasan nya..??

    Halo ibu Parsiti,terimakasih atas pertanyaan anda.
    Pada pemeriksaan yang ibu lakukan yaitu USG dan test pack,Test pack biasanya akan mendeteksi kehamilan lebih awal,karena fungsi alat ini untu mendeteksi hormon HcG yang dihasilkan di ibu hamil. Yang ke dua USG (ultrasonografi) merupakan alat radiologis yang mendeteksi organ tubuh dengan arah rotasi/memutar,dan dapat melihat kelainan pada organ,tentunya pemeriksaan ini sesuai dengan indikasi yang diperlukan. USG terdiri dari 2 macam yaitu USG abdomen/perut ini biasanya akan membantu mendeteksi kehamilan juga,tetapi pada kehamilan lebih lanjut,sekitar usia kehamilan 8-12 minggu. Pada USG transvaginal,usg dapat mendeteksi kehamilan lebih awal sekitar 6-7 minggu. Pemeriksaan USG apakah yang ibu lakukan? jika usia kehamilan ibu 7 minggu,dan belum terlihan,seharusnya ibu tidak perlu terlalu khawatir,biasanya dokter akan menganjurkan kontrol lagi untuk USG sekitar 2-3 minggu kemudian. Selain hal tersebut,tidak nampaknya kantong janin dapat berupa:
    1. Keguguran
    2. Kehamilan di luar rahim
    Sebaiknya ibu berkontrol untuk melakukan USG ulang,sehingga dokter spesialis kandungan akan membantu ibu dalam menegakkan diagnosa. Demikian info yang dapat diberikan,semoga menjawab pertanyaan ibu. Salam dr. Celleen