Tanya Dokter

  • Hasil pemeriksaan tiroid

  •  Tere Ingga
    Anggota
    Halo dok , saya seorang ibu dengan 1 anak beumur 27 tahun . Saya di diagnosa hipertiroid dan sudah melakukan cek darah dengan hasil Free T4 = 5,32 ng/dl TsHs. = 0,0050 mIU/L Bagaiman menurut dokter hasil lab saya Dan sampai sekarang dokter tempat saya konsul memberi saya obat propanolol dan peopylthiuracil . Dan bengkak dileher saya semakin bengkak sampai liat ke samping sudah tidak nyaman . Bagaiman pendapatn dokter tentang pertanyaan tadi dan saran selanjut nya

    Halo Tere

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Hipertiroid merupakan suatu kondisi dimana terjadi suatu aktifitas berlebihan dari kelenjar tiroid dan menyebabkan terjadinya peningkatan dari hormon tiroid didalam darah. Pada kondisi hipertiroid biasanya akan ditemukan peningkatan dari hormon tiroksin dan rendahnya nilai TSH (Tiroid Stimulating Hormone). TSHs merupakan suatu pemeriksaan kadar TSH menggunakan sampel darah dari vena.

    Untuk nilai normal dari kadar hormon tiroid ini adalah:

    1. T4 = 4.6 - 12 ug/dL
    2. T4 bebas = 0.7 - 1.9 ng/dL
    3. T3 = 80 - 180 ng/dL
    4. T3 bebas = 230 - 619 pg/dL
    5. TSH = 0.5 - 6 uU/mL

    Dari hasil pemeriksaan kadar hormon tiroid pada Anda, memang didapatkan tingginya kadar T4 bebas dan rendahnya kadar TSH. Hal ini sesuai dengan perjalanan penyakitnya. Untuk pengobatannya memang diberikan kedua jenis obat tersebut untuk membantu menurunkan kadar hormon tiroid dan mengurangi keluhan yang mungkin timbul pada Anda seperti denyut jantung yang tidak teratur atau terlalu cepat. Untuk benjolan, biasanya akan membaik seiring dengan pengobatan yang dilakukan. Jangan lupa untuk senantiasa mengontrolkan penyakit Anda sesuai dengan anjuran dokter yang merawat Anda untuk mengetahui perkembangan dari keadaan Anda. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendukung pengobatan yang telah diberikan oleh dokter:

    • Mengikuti diet yang disarankan oleh dokter
    • Konsumsi vitamin D dan kalsium yang cukup
    • Menjaga asupan kalori
    • Menjaga berat badan dan hindari obesitas

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

    dr. Winda Indriati