Tanya Dokter

  • Hasil tes gula darah yang berubah-ubah

  •  Munaroh
    Anggota
    Sore dok...pengen nanya nih hari kemaren sy ada buat test gula dalam darah ternyata bacaan nya 8.10 pas kemaren saya buat lagi ujian di klinik lain bacaa nya 4 .7 pas kemaren nya lagi buat ujian lagi 5.7 berapa jam kemudian buat ujian darah lagi dalam 3jam bacaan nya bertukar ke 7.8 diatas ujian air kencing sy didapati kencing manis jd sy keliru dok kok bisanya bertukar tukar secara drastik lain klinik lain bacaan nya mohon penjelasan nya

    Halo Munaroh, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Gula darah merupakan kandungan gula dalam darah atau dikenal sebagai glukosa darah. Kondisi gula di dalam tubuh dapat dicek dari darah ataupun dari urin. Nilai normal kandungan gula dalam darah tidak harus bulat atau sama di setiap pemeriksaan. Dan masing-masing nilai normalnya berdasarkan waktu pemeriksaan. Sehingga pemeriksaan gula darah  dibagai atas waktu pemeriksaan yang berdasarkan pengambilan gula darah tersebut. Adapun parameter yang diperiksa berdasarkan waktu pengambilan darah adalah sebagai berikut:

    1. Gula darah puasa. Untuk persiapan pemeriksaan parameter ini, pasien diharuskan puasa dalma waktu tertentu. Umumnya minimal 8 jam. 
    2. Gula darah 2 jam setelah makan. Pemeriksaan ini dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan gula darah puasa.
    3. Gula darah sewaktu. Parameter ini yang paling memiliki nilai paling variatif karena sangat bergantung dari jenis makanan  dan minum yang dikonsumsi sebelumnya. Aktivitas fisik dan faktor lainnya. 

    Selain itu, hasil pemeriksaan juga sangat bergantung dari alat yang digunakan. Beberapa alat digital untuk skrining sangat sering menunjukkan hasil yang bervariasi. Perhatikan kondisi alata seperti kalibrasi, baterai yang digunakan, strip yang digunakan, darah yang cercapur dengan keringat atau alkohol juga dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan. Pada kasus Anda apakah pemeriksaan gula darah Anda menunjukkan angka yang bervariasi. Untuk mengetahui kondisi gula darah yang sesuai sebaiknya melakukan pemeriksaangual darah dari pembluh darah venda yang dilakukan dengan berpuasa dan kembali dilakukan pemeriksaan 2 jam setelah makan. Dan dengan ditemukan glukosa dalam urin juga mengindikasikan ke arah penyakit gula atau diabetes mellitus. Dengan adanya diagnosis Diabetes Mellitus sebaiknya Anda menjalani pengobatan demi mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut. 

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

     

    Salam, dr. Tiwi