Tanya Dokter

  • Apakah PCOS bisa terlihat dari USG biasa?

  •  annadey
    Anggota

    Dokter, siklus haid saya setelah kuret kan berantakan. Sedangkan saya ingin promil lagi. Saya curiga terkena sindrom PCOS. Tapi menurut dokter, hasil USG saya baik2 saja. Tidak terlihat peradangan dan indung telur saya pun kosong tidak ada bulatan2. Yang ingin saya tanyakan, apakah PCOS memang terlihat saat USG (bukan USG TransV)? Memang pada saat USG saya sedang haid, tetapi darahnya tidak sebanyak biasanya. Trims sebelumnya Dok.

    Hai,   Dalam mendiagnosa sindrom PCOS sebenarnya tidak ada pemeriksaan yang definit. Dokter akan memeriksa Anda secara keseluruhan mulai dari tes fisik, tes pervaginam, Tes darah dan USG. USG biasa dan USG transvaginal yang dilakukan oleh dokter ahli USG memiliki keakuratan yang sama dalam mendiagnosa PCOS. Jika Anda merasa kurang yakin Anda bisa melakukan kembali pemeriksaan USG dengan USG transvaginal untuk pemastian diagnosa Anda. Adapun gejala PCOS adalah :

    1. Menstruasi yang tidak teratur
    2. rambut halus pada muka
    3. jerawat
    4. Kebotakan dini
    5. obesitas
    6. dan diketemukannya ovarium yang membesar dan berisi kantung kantung.
    Jangan khawatir berlebih. Anda bisa memeriksakan diri ke dokter lain jika Anda merasa kurang puas dengan pelayanan dokter yang satunya.   Semoga membantu.   dr. Yusi