Tanya Dokter

  • hasil yang berbeda

  •  Lia Lorenza
    Anggota

    Siang dok,nama saya lia saya berumur 17 tahun. Akhir akhir ini saya merasakan nyer atau nyut-nyutani di perut saya sebelah kanan bagian bawah.. Sakit ini kdang dtg dn kdng hlng. Dan saya pun pergi kermh sakit pertama sbut saja rmh sakit A, drmh sakit A saya ke poli bedah dlm ruang dktr saya mengatakan keluhan saya dan saya diprksa dn dtekan prut saya sebelah kanan ada bagian yg di tekan tdak sakit dan ad bgian trttu yg sakit,dan dktr mengashi kode buat saya jika prut sebelah kiri saya dtekan sakit nya apakah prut yg sebelah kanan akan jiga ikutan sakit???? Dan saya jawabb TIDAK!. Dan dktr mnjlskn kpda sya,bhwa saya ini mnglmi usus buntu ttpi usus bntu saya inti melengkung atau mngkn d bgian blkng (sya jg tdk mngrti mksd nya) dan sakit nya ini samar samar kdng trsa skit kdng tidak (mmng bnr) dan orng tua saya mndgr itu tidak puas krna tdak dlkkan dngan USG, dan dktr mmbantah mngatakan walapun mnggunakan USg hasil tidak akan trlihat bu,jls nya krna ini usus nya melngkng atau brda dblkng(tdk mngrti jg hehe)dktr pun menyarankan saya untuk operasi.ttpi ortu saya belm puas dngn hsil itu trsbt.dan kami lgsng menuju kermh sakit B,dn trnyta kami USG dan hasilnya semua normal tdak ad masalah apa pun,dan setlh besoknya kaminkmbli ke doktr A untuk USG krna tdk puasnya dan didktr A stlh USG jg tdk mmbuahkan hasil stlh itu kami bwh hsil usg itu ke dktr yg kmi temui ini dan dktr brkta kan saya sudah bilang bu, bhwa hsil usg tdk akan membuahkan hasil krna ini radang usus bntu dn trltkan dbgian blkng atau melengkung(krng paham).. Dan saya menjadi bingung krna dktr menyarankan oprsi krna jika dibiarkan nanti akan brtmbh prah.tp kmi belum puas dngn usg yg tdk ad hsil ini. Emzz .jdi bagaimana dokter saya mohon penjelasan nya krna saya sangat bingung. Jd apakah ada usus buntu yang tidak bisa kelihatan dari usha USG tersebut???. Trma kasih sebelumnya.

    Hai Satu-satunya pemeriksaan paling akurat adalah dengan pemeriksaan patologi anatomi (dilihat dibawah mikroskop) pada usus buntu yang telah di operasi. Semua bagian yang berongga dan berisi gas/udara seperti lambung dan usus kurang akurat dengan pemeriksaan USG. Keakurasian USG sangat bergantung pada gas usus, lemak perut (semakin gemuk semakin sulit untuk dinilai), variasi letak usus buntu, dan juga keahlian dari operator USG tersebut. Termasuk pada peradangan/infeksi usus buntu, dimana usus buntu yang berukuran kecil. Biasanya USG cukup akurat pada peradangan usus buntu yang akut, disesuaikan dengan gejala klinis yang khas seperti nyeri perut kanan bawah yang bertambah dengan penekanan dan juga diperlukan pemeriksaan darah bila ditemukan adanya peningkatan sel darah putih (leukosit) yang menunjukan adanya infeksi. Selain itu dilakukan USG juga untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit lain yang dapat menyebabkan keluhan serupa dengan infeksi usus buntu, misal:

    Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Penyakit usus buntu. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william