Tanya Dokter

  • Solusi atasi pengerasan hati

  •  Ade Ristianto
    Anggota
    Sore dokter saya ade ristianto saya ingin bertanya nenek saya mengalami pengerasan pada hati nya menurut diagnisa dokter hati nya mengeras dan tidak ada obat nya hanya tinggal nunggu waktu.dan yang saya ingin tanya kan apakah memang benar dok hati yang mengeras itu tidak ada obat nya?atau apakah ada solusi lai untuk pengobatan dok.?terimakasih
    Ade Ristianto  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Ade,

    Pengerasan hati merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk kondisi sirosis hepatis. Sirosis adalah kondisi dimana terbentuknya jaringan parut pada hati akibat kerusakan hati yang berlangsung lama (kronis). Pembentukan jaringan parut ini akan menyebabkan hati mengeras, mengecil dan tidak dapat melakukan fungsinya.

    Pengobatan kondisi sirosis hanya bertujuan memperlambat perkembangan penyakit dan mengatasi keluan yang timbul. Kondisi ini tidak dapat disembuhkan karena bila sudah terjadi sirosis maka kerusakan yang timbul tidak dapat diperbaiki lagi. Berikut adalah beberapa penanganan yang dapat diberikan dokter terkait kondisi ini :

    • Menginformasikan mengenai perbaikan pola hidup dan larangan untuk pasien sirosis
    • Meresepkan obat-obatan untuk mengatasi kondisi yang dapat menyertai sirosis seperti pembengkakan perut/kaki, peningkatan tekanan darah, rasa gatal pada seluruh tubuh, dsb
    • Transplantasi hati untuk mengantikan fungsi hati yang sudah rusak
    • Agar mendapat informasi yang sesuai mengenai kondisi nenek Anda maka sebaiknya nenek Anda atau orang yang bertanggung jawab atas kondisi nenek Anda  menanyakan kondisi nenek Anda secara langsung dengan dokter yang merawatnya. Tanyakanlah hal yang belum jelas dengan dokter agar nenek Anda benar-benar paham mengenai kondisinya dan dapat menentukan penanganan yang sesuai dengan kebutuhanya.

      Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Pengobatan sirosis

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono