Tanya Dokter

  • Apakah normal jika Hb 9 pada saat kehamilan?

  •  erna16
    Anggota
    Malam dok, saya erna 23 tahun kebetulan saat ini hamil 32week dan kemarin 10-10-2017 saya cek hb dipuskesmas hasilnya 9,00 yg ingin saya tanyakan, udah 2 hari badan lemes banget apalagi kaki kalau bangun terasa ga ada tenaga disertai pusing kadang suka sesak nafas dan mual. saya bingung waktu cek lab ke puskes ga disaranin apa2 cuma disuruh minum fe aja, ada baiknya saya cek lab ulang ke puskes atau rs agar dokter yang menjelaskannya secara detail..?

    Halo Erna 16, terimakasih telah bertanya di alodokter. HB/hemoglobin memiliki banyak fungsi disel darah,terutama pada masa kehamilan,termasuk menghantar nutrisi dan oskigen ke setiap organ dan plasenta bayi. Untuk mengukur jumlah HB memang biasanya diperlukan tes darah. Berikut adalah kadar HB ketika anda didiagnosa anemia:
    1. Anemia ringan: Hb 9-10 gr%
    2. Anemia sedang:  Hb 7 – 8 gr%
    3. Anemia berat: Hb < 7 gr%
    Kadar HB anda sejumlah 9,dapat dikategorikan anemia ringan untuk ibu hamil. Ha ini dapat berdampak pada keluhan yang anda rasakan,seperti lemas,pusing,tidak nafsu makan,dan cepat lelah. selain berdasarkan anemia/HB rendah,keluhan yang anda rasakn berupa pusing dan lemas dapat disebabkan hal berikut:
    1. Kurangnya gizi pada asupan makanan
    2. Perubahan posisi yang terlalu cepat
    3. Kurangnya aktifitas dan terlalu lama berbaring
    4. Tekanan darah yang rendah
    Cara sementara untuk mengatasi anemia yang anda alami adalah:
    1. Konsumsi suplemen Fe
    2. konsumsi makanan yang mengandung zat besi (daging sapi, kacang-kacangan, dan sayuran hijau gelap)
    3. konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan asam folat (daging, susu, keju, sereal, tempe,tahu,buah-buahan)
    4. Minum cukup
    5. Rajin bergerak dan beraktivitas
    6. Tidak berbaring dalam waktu lama.
    anda dapat segera berkonsultasi ke dokter jika keluhan anda berupa pusing yang disertai mual dan muntah,penurunan kesadaran,nyeri perut berlebihan,sesak napas. Meskipun tidak disertai keluhan tersebut,anda dapat segera berkonsultasi ke dokter umum/spesialis kandungan sehingga dapat diberikan pemeriksaan ulang darah lengkap dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat,salam dr. Celleen