Tanya Dokter

  • Hemoglobin dan trombosit selalu rendah

  •  Tari IraOne
    Anggota

    Met mlm dok, Suami saya beberapa bln yg lalu mengalami penurunan hb dan trombosit scara drastis,lalu kami membawanya ke rs.dharmais.dr hasil lab BMP di sana menunjukan sel blast myeloid suami saya di ats normal dan di diagnosa terkena AMl m2.kami tdk melakukan kemotrapi sprt yg dktr sana anjurkan,kami hny memberikan beberapa ramuan herbal,dan stlh beberapa x bolak balik ke rs utk transfusi,hasil lab dr darah tepi menunjukan sel blast suami saya sudah 0%,tp yg saya heran knp suami saya msh slalu minim hb dan trombosit,hb trakhir stlh d transfusi 800cc hny mningkat sdikit,dari 6 menjadi 9.dan transfusi trombosit 500cc dr 5000 menjadi 11000.dan lekosit suami saya dr awl di diagnosa AML m2 tdk pernah tinggi,cenderung normal bhkn kdg di bwh normal.mungkinkah suami saya msh blm sembuh?ato mungkin ada diagnosa yg lain dok?

    Tari IraOne  Tim Alodokter
    Dokter

    Hi, Selama masih ada kelainan dari hasil pemeriksaan laboratorium yang merupakan acuan untuk evaluasi penatalaksanaan AML (Acute Myelogenous Leukemia), dapat diperkirakan suami anda belum sembuh. Hasil BMP (pungsi sumsum tulang) yang menunjukkan peningkatan sel blast myeloid kemungkinan besar mengarah ke AML, kemungkinan kecil dapat disebabkan penyakit lain:

    • Myelodysplastic syndrome
    • ALL (Acute Lymphocytic Leukemia)
    Leukosit dari darah tepi pada AML dapat lebih rendah, normal, atau lebih tinggi dengan leukosit yang tidak tinggi memiliki prognosis yang lebih baik. Pengobatan AML dilakukan dengan kemoterapi yang mengatasi perkembangan dari sel leukemik. Pengobatan dengan menggunakan obat herbal dapat bervariasi cara kerjanya dan mungkin mempunyai efek samping selain dari tujuan obat tersebut sehingga seringkali sulit dinilai untuk evaluasi pengobatan. Transfusi darah untuk meningkatkan Hb menggunakan PRC (packed red cell) dapat meningkatkan Hb sampai dengan 1 gr/dL per unit. Bila kurang dari itu kemungkinan ada penyebab lain seperti:
    • peningkatan kehancuran sel darah merah
    • peningkatan metabolisme hemoglobin
    • perdarahan
    Saran saya sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam bagian hematologi onkologi mengenai kondisi suami anda. Dokter yang memeriksa langsung dan mengetahui perjalanan penyakit suami anda akan memiliki evaluasi yang terbaik untuk penyakit leukemia. Anda dapat membaca ini untuk lebih lanjut mengenai AML. Semoga membantu, dr. Dennis Jacobus  

    Tari IraOne  Tim Alodokter
    Dokter

    Hi, Atau anda dapat membaca artikel ini mengenai AML. Semoga membantu, dr. Dennis Jacobus