Tanya Dokter

  • Cara meningkatkan kadar HB pada kehamilan

  •  Boedy
    Anggota

    Dok saya sedang hamil 8 bulan Dan saya sudah periksa hb saya ternyata rendah , bagaimana ya dok saya akan melahirkan satu bulanan lagi dan hb saya masih rendah ? Apakah berbahaya ya dok ? Apa yang bisa saya lakukan satu bulan ini untuk menambah hb saya yang rendah ?

    Halo, Anemia atau penurunan jumlah sel darah merah selama kehamilan merupakan salah satu risiko yang harus diwaspadai. Kondisi ini bisa berdampak bagi kesehatan ibu (misalnya menyebabkan perdarahan pasca persalinan, depresi pasca persalinan) ataupun bayinya (seperti berat badan lahir rendah, persalinan prematur). Oleh karena itu, anemia harus diketahui sejak sedini mungkin dan segera mendapat penanganan yang tepat. Kadar hemoglobin dalam darah adalah parameter yang digunakan untuk menegakkan diagnosis anemia. Masing-masing trimester memiliki nilai rujukan normal yang berbeda, yaitu :

    • trimester pertama - lebih dari 11 gr/dL
    • trimester kedua - lebih dari 10,5 gr/dL
    • trimester ketiga - lebih dari 11 gr/dL
    Dengan demikian, untuk memastikan diagnosis anemia, perlu dilakukan tes darah. Penanganan anemia selama kehamilan tergantung dari tingkat keparahannya. Umumnya konsumsi suplemen zat besi dan meningkatkan asupan makanan yang mengandung zat besi cukup menangani anemia pada ibu hamil. Namun, jika anemia yang dialami cukup berat dan jarak ke persalinan telah dekat, dokter bisa mempertimbangkan pemberian transfusi sel darah merah. Diskusikanlah dengan dokter kandungan yang memeriksa Anda. Silahakan baca anemia selama kehamilan Semoga membantu dr.Lili